Cuti Ngapain Aja

Gak terasa udah 5 bulan usia si kecil. Dan gak terasa selama kurang lebih 7,5 bulan gue jadi “pengangguran” ๐Ÿ™‚ Lebih tepatnya 8 minggu sebelum melahirkan gue udah cuti. Rasanya gimana? ENAAKKK!! hahaha. Kadang bosen sih, tapi lebih karena gak ada temen ngobrol aja. Selebihnya gue enjoy banget di rumah sama Tarou! Di Belanda, sistem nya setiap ibu mendapatkan cuti hamil dan melahirkan selama 16 minggu. Ini dikit banget kalo dibandingkan sama negara Scandinavia lho…Gue personally berpendapat sistem ini jadul abis dan harus diperbaharui. Karena ninggalin bayi 3 bulan di daycare atau sama babysitter itu gak banget deh. Orok masih merah gitu kok mana tega ditarok di daycare?!

Jadi selama ini ngapain aja sih di rumah kok segitu betahnya? Hahaha. Jujur, 10 minggu setelah melahirkan gue masih dirundung olehย problem kesehatan. Entah itu pendarahan, sakit sakit di sekitar jahitan (gue Caesarian), kecapean kronis (karena semua dilakuin sendiri sedangkan jahitan masih aja bermasalah), dll. Intinya stamina gue ancur di titik nol banget deh. Kalo maksa jalan2 di hutan atau di sekitar rumah lebih dr 20 menit aja sampe rumah gue pendarahan lagi….stress! Tentang baby blues, gue heran deh kenapa orang2 berisik banget sama baby blues. Gue menganggap baby blues itu adalah hal yang sangat lumrah, normal. Ya iyalah, 9 bulan lamanya badan loe penuh memproduksiย hormon, dan dalam sekejap elo ngeden trus punya bayi. Masih sakit sakit, masih teler, tapi udah harus ngurusin makhluk kecil nan lucu, yg idupnya tergantung banget sama elo. Jelas lah dunia loe serasa diobrak abrik! Fisik loe ga kuat tapi dikuat-kuatin jadinya ya kerjaannya mewek, emosian, dan gak pedean. Normal. Yang gak normal adalah tanggapan orang yang bilang, “ati ati baby blues yah, jangan stres stres” Seperti begadang, baby blues itu menurut gue inevitable. Yang harusnya orang2 pikirin adalah gimana caranya bikin ibu baru itu happy dan merasa dimengerti dengan cara yg positif. Jangan ditakut takutin. Sok atuh, curhat piiii? Hahaha.

Seharusnya gue masuk kerja lagi tuh per tanggal 1 desember. Cuma kok badan gue masih aja gak fit padahal udah diantisipasi dengan olahraga, istrahat emang gak cukup karena ya namanya punya bayi gitu loh begadang is a mustย :p Suami gue sebisanya juga ngebantu, dengan ngasi minum (pake botol dengan ASI yg gue pump sore sebelumnya), beres2 rumah, masak,grocery shopping buat gue. Tapi setelah 2 bulan lamanya dia juga musti konsen kerja. Kerjaannya di kamp pengungsi pun makin sibuk dan jam kerjanya pun gila…dari jam 3 sore hingga jam 12 malam, atau dari jam 11 malam sampai jam 7 pagi. Jadilah pinter pinternya kita bagi tugas. Setiap suami bangun tidur, gue gantian tidur, atau mandi dan istirahat. Setelah 3 bulan, baru deh kita nemu ritme yang pas buat kita berdua. Sekarang alhamdulillah, kita gak terlalu zombie banget walaupun si kecil tidurnya masih belum non-stop. Masih bangun jam 12 malamย dan jam 5 pagi buat minum ASI.

Karena gue cuti sakit sekarang jadilah gue stay-at-home mom…cuti gue semakin lama. Gue punya masalah sama otot panggul yang bergeser (bekkeninstabiliteit), karens proses melahirkanย yg terlalu lama dan kepalaย bayi yang besar jadi panggul gue mengalami sedikit pergeseran. Ini menyebabkan sakit yang bukan kepalang kalo gue duduk lama atau jalan terlalu lama….sebel! ๐Ÿ˜ฆ Tapi untungnya bisa diobatin. Seminggu sekali gue terapi jalan,ย namanya Mensendieck manual therapy, yang ngebantu gue untuk melatih otot sekitar panggul dan punggung yang cedera akibat melahirkan. Baru 3 kali terapi tapi hasilnya lumayan banget! senangnya. Punggung gue sedikit lebih kuat, dan gak begitu nyeri lagi kalo gendong si kecil. Bulan ini mungkin adalah bulan terakhir gue jadi stay-at-home mom…Huhuhu. Sumpah, gue enjoy banget ngejalaninnya ๐Ÿ˜€ Walaupun sumpah gue capek gilak, saking capeknyaย berat badan gue sehabis melahirkan lebih kurus daripada sebelum hamil. Walaupun tetep gak sekurus Adriana Lima sih, karena sebelum hamil gue juga demplon wkwkwkwk! At least gue ga usah beli baju baru lah, baju sebelum hamil semua pas walau ukurannya lebih gede 1 ukuran gapapa, medit gue kalo disuruh shopping.

2015-09-11 14.44.21

Tarou usia 7 minggu, jalan2 ke Amsterdamse bos pulang2 mamanya pendarahan lagiiii…:(

 

Ternyata jadi ibu itu aneh.ย Jujur setelah jadi ibu dunia gue semakin sempit, karena gue ngangon bayi doang kerjaannya. Jarang ketemu temen-temen, entah ya kalo udah jadi ibu gini temen serasa gak punya waktu lagi buat diri loe? Atau mereka sungkan kali ya gangguin gue? Karena ga bisa gitu aja ninggalin bayi, dan kalo ngajak bayi juga ribet ngatur waktu nya…secara masih newborn gitu (sekarang udah gak newborn sih). Entahlah, seharusnya gue merasa bosan tapi kenyataannya gue gak bosan kok, seneng banget bisa di rumah gini…Soalnya dulu gue emang punya cita cita pengen gak kerja 6 bulan. Pengen sabbatical traveling, eeehh dikabulinnya sama yang Di Atas 6 bulan buat ngangon anak, yaahh alhamdulillaaah! ๐Ÿ™‚ bisa ASIX juga. Iya rencana gue mau kasih ASI sampai dia 6 bulan aja. Mungkin kalo gue di Indonesia udah di nyinyirin kali ya, kok 6 bulan aja? Gue punya alasannya tapi itu gue simpen sendiri aja yah. Hehehe, entahlah, gue dapat kesan ngasi ASI di Indo kayaknya harus banget (iya gue tau penting banget ASI itu) Tapi menurut gue kampanye nya udah menjurus ke batas yg gak normal aja….<–statement ini most likely akanย di nyinyirin sama ibu ibu pro-ASI sampai 2 tahun (hayoooo loohh).

Jalan2 di alam

Jalan2 di alam

image

Tarou sekarang udah pinter guling-guling sambil teriak histeris. Suka ngikutin gue nyembur nyemburin ludah mainan mulut nya lucu banget. Dan suka protes kalo gue lama whatsapp an sama adek gue di Indo. Teriak kenceng banget trus kakinya nendang hape. Aya aya waeee! Udah bisa banyak banget, takjub gue ngeliatnya. Mungkin bulan depan udah bisa lari kali…hahaha. Yah begitulah kira kira cerita jadi ibu baru…selaen capek, banyak banget bahagia nya. Dulu waktu belom punya anak, abis kerja trus belanja dan masak aja udah dibilang capek. Sekarang gue tidur cuma 4 jam trus ngangon bayi, sport di gym, masih abis itu beberes rumah lalu keluar cari udara seger di sekitar rumah dilanjut grocery, nyuci laundry, nidurin anak trus masak….itu masih OK lah. Gila bukan stamina ibu ibu? Itu baru capek. Lebih capek lagi kalo bayi nya rewel *nenggakkopi3gelas* Setelah ini banyak yang nanya, mau nambah lagi gaaa? Errr…KAPOK! Gamau. Selain masih trauma lahiran kemaren, gue takut ga bisa ngebesarin anak dua disini yang apa apa mahal dan jujur gue bukan ibu ibu londo yang stamina nya kayak banteng. Jiper gue punya anak satu aja. Cemen bukan? Tapi kalo kecelakaan yah ofkors diterima dengan tangan terbuka, sapa tau cewek…Iyah, J seneng punya anak sepasang…Dia bilang; anak cewek tuh lebih suka dipeluk dan disayang sayang ketimbang anak cowok. Sotoy kali kau bang..kayak udah punya anak banyak aja. Nah udahan dulu deh nulisnya, kalo kata emak gue…panjang kali pun?! Beginilah kalo pengen ngeblog dipendem pendem…hahaha! BOCORRRR ๐Ÿ˜€

49 thoughts on “Cuti Ngapain Aja

  1. Jeung Oppie…. Hahahaha gilak postingan kau nakut2in aku banget dah! Tp gpp. Justru tulisan jujur gini yg bisa bikin calon FTM (first time mom), makin siap mental berkaitan dgn proses lahiran, baby blues, kurang tidur, badan remek dll. But it’s all worth it for sure (mau mewek nulisnya). Ttg ASI dll, whatever works best for you & your family aja jeung. Happy mommy, happy family. Betul pemirsaaaah? *sodorin mic*

    • Kalo dibaca2 lagi postingan ikke diatas wah jujur amat yak:) hahaha. Tapi ya emang gt deh mem kalo yg gw rasain. Ga kaya di pelem pelem yg bahagia dan dunia dipenuhi pink clouds๐Ÿค” Tapiiii semua yg bikin capek tuh ilang kalo liat bayi nya tertawa<–klise kali .. *pegang mic*

  2. Si Tarou ga bolehin mama nya lama2 pegang HP, lucu banget siiih hahahah
    Di nikmati, dan gak didramatisir mungkin itu yang bikin seru malah ya mba. Oke ada baby blues, ya wajar asal ga berkepanjangan. Oke ribet, tapi akhirnya semua dikerjain juga. Dan mungkin nih yaaa kalo udah tau dan yakin sama yang dimau, gak terlalu denger banyak omongan orang kayaknya bikin lebih enteng ya… ๐Ÿ™‚ *ish aku sotoy kali yaaa :lol:*

  3. Nampaknya saya sudah ngalamin baby blues sejak belum dilahirkan kedunia niyh mba ๐Ÿ˜€ Soalnya udah sensian mulu menjelang persalinan. Tapi memang ya, jadi ibu baru nggak harusnya di judge sana-sini kalau ada sesuatu yang nggak sesuai seharusnya. Mudah-mudahan nanti nggak ketemu siapapun yang selalu nyinyir dengan cara saya membesarkan anak nantinya. ๐Ÿ˜€
    Semangat ya mba… duh itu kayaknya 6 bulan cuti enak banget deh ๐Ÿ™‚
    Sayang di Indo nggak bisa ๐Ÿ˜ฆ Cuman mba itu yang lahirnya agak kelamaan itu maksudnya bagaimana mba?

    • Hi sandrine,
      Namanya ibu hamil wajar sensian kan hormonal jd dimaklumin aja ๐Ÿ™‚ Gue sbnr nya menolak istilah baby blues karena wajar bgt setiap ibu baru yg harus menata dirinua lg setelah meahirkan. Di Belanda ada istilah ontzwangeren (kalo di inggrisin : de-pregnant)jd masandimana bodi si ibu mencari balance seperti sblm dia hamil. Iya proses melahirkannya panjang (3 hr) dan berakhir dgn cs.Selain maternity leave gw jg ambil parental leave 2bln jd unpaid yah, demi pengen di rumah sm si kecil:) My dear Sandrine, orang sotoy pasti ada dimana2 yg penting qt hrs lebih sotoy eeehh hihi mksd nya qt aja yg musti bijak dan lebih dengerin diri sendiri. Good luck yaaa smg sehat2 trs ibu dan dede nya x

  4. I feel you.. Tp lumayan enak lho cuti di sana dibanding di indonesia cuma 3 bulan. Pas balik masuk kerja, bayinya masih umur 2 bulan setengah (kalo cutinya diambil 2 minggu sebelum melahirkan). Betenya bertambah kalo di kantor jg ga punya fasilitas yg mendukung ibu bekerja, seperti ruang memerah asi dan kulkas. Masa mau merah asi di toilet? Hiks ๐Ÿ˜ฆ anyway.. Sama2 semangat yaa jadi ibu baru. Seneng baca sharingnya di blog ๐Ÿ™‚

    • Aduh neng ga kebayang ambil cuti 2 mgg sblm melahirkan gimana itu rasanyaaa?! Modar. Iya denger cerita dr tmn2 disana katanya ruang memerah ASI itu adalah kemewahan, untungnya dsini fasilitas spt itu hampir di setiap perusahaan ada. Ayo ibu ibu di Indonesia protes, minta fasilitas ruang memerah ASI untuk karyawan busui!:))) Klo kampanye ASI nya sebanter itu harus diimbangin sm fasilitas nya kan yah hehehe. Iya neng semangat jg ya sesama ibu baru nih, cup cup wat baby Alanna xxx

  5. awwhh, go Oppie! you can do it! ๐Ÿ™‚ hehehe, setuju banget sama pendapat lo soal baby blues & ASI (ngga ngerti banget yg suka bikin org Indonesia sewot klo anak ga dikasih ASI itu apa sih??).

    umm, di Belanda setelah cuti melahirkan ga bisa cuti ortu/ngurus anak kah? di sini (mirip dgn kata si Kutubuku) klo ga salah cuti melahirkan 6 bulan (fully paid), trus setelah itu bisa cuti ortu/parental leave sampe 6 bulan lagi, dan hanya boleh salah satu ortu yg cuti. selain itu ada cuti buat bapaknya juga, total 54 hari dan 18 hari dari situ boleh cuti bareng2 si ibu. daaaan masih ada lagi yg namanya cuti ngurus anak/child care leave sampe anaknya berumur 3 tahun, lagi2 dgn syarat hanya boleh salah satu ortunya aja yg tinggal di rumah.

    jadi intinya cutinya panjaaaaaang bener, cuma namanya aja yg ganti2 (dan tentunya setelah cuti melahirkan, cuti2 lainnya itu bayarannya ga full yaa…). gimana klo kalian pindah ke sini aja? ๐Ÿ˜€ hahaha!

    • Gimana ya puni, gw ngerti bgt ASI tu penting & sehat bgt. Cm kampanye di indo digeber bgt tanpa ada ruang buat calon ibu untuk mikir ttg alternatif lain jd klo ga bs ngasih ASIX mrk jd mrs bersalaaaahhh bgt. Suka lupa klo ibu nya happy pasti baby nya healthy. Kolega gw asal Finland misuh2 puni pas dia hamil dsini trs curhat klo anak pertama nya dia cuti kerja 3 thn, gw sampe mlongo. Duh mbak, balik kerja masih inget gimana cara mencet kibor? Lol. Hadeuhh ngiri sangat! Ogah ah puni dsono dingiiiinn!! Mengkerut sayaaahh hihihi. Daycare dsana mahal ga sih say? Makasih yaaaahh xx

      • hihi, soal daycare mendingan tanya si Rika deh. ๐Ÿ˜€ gue cuma tau klo daycare yg dari pemerintah/kota itu gratis, tapi biasanya sih antrenya panjang ya… jadi banyak yg lebih milih swasta punya, yg konon mesti bayar.

        dingin? ah, you’ll get used to it. ๐Ÿ˜‰

      • iya, ppie. Pindah sini aja. Bisa cuti sampai 3 tahun ๐Ÿ˜€

        Daycare sini sayangnya tetap bayar kok baik yg punya pemerintah ataupun swasta. Besar biayanya (utk yg punya pemerintah) progresif berdasarkan penghasilan keluarga. Bisa jadi bayarnya kecil banget atau malah gratis seandainya penghasilan keluarga dianggap kecil. Tapi buat yg tajir melintir juga gak bakal mahal banget karena ada batas maximal pembayaran, which is sekitar 280 euro/bulan untuk full time dan tentunya lebih murah buat yg gak full time (less than 7 hours/day, atau less than 5days/week)

        Buat yg swasta tentunya lebih mahal (100-200 euro lebih mahal) dan tidak ada sistem progresif atau fulltime-part time-nya

      • Thanks rika!! Wah itu murah amaaatt๐Ÿ˜ฑ… Gilingan full time 280 euro. Gw pas masih hamil 4 bln dah daftarin anak daycare buat pas dia usia 8/9 bulan. Sekali seminggu bayar 319 euro, tp dpt ganti dr pemerintah 200an euro gt (katanya.. Blm liat wujud duit nya krn blm mulai daycare) Cm gw mikir sekali seminggu bae udin segitu ya:( Gimana punya anak 3 bijik coba? Gaji cm buat bayar daycare aja deh ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  6. Oppiee.., jadi pengen ikutan curhat di blog tapi apa daya anakku baru 2 bulan, masih heboh penyesuaian jam malam dan segalanya..๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜๐Ÿ˜ด..hahaha.. Sarapan aja seringnya jadi brunch, jangan ditanya ada waktu buat ngeblog..๐Ÿ˜ Tapi syukurlah kamu udah makin sehat ya.. Semoga cepat pulih seperti sediakala.. Hugs๐Ÿ˜˜ *sesama ibu baru*

    • Em, 2 bulan itu lg capek capeknya! Baby masih blm bs bedain mana pagi mana malem, at least itu si Tarou begitu. Iya nanti kesini sininya lebih gampang & tambah fun. Waktu berjalan cepat banget deh, tau tau udah bs banyak bgt baby nya. Ga sabar pengen baca baby story kamu say ;)) Semangat yaaahh!! Kecuuupp xxx

      • Hehehe, makasih, Pie..๐Ÿ™๐Ÿฝ๐Ÿ˜Š Anakku si Bear itu emang masih bingung soal siang dan malam tapi agak mendingan sekarang daripada bulan pertama (ya iyalah..๐Ÿ˜€) Yah pokoknya ditunggu aja postingan dari aku..(Whoaaaa..๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ญ kapan ya..?) Hahaha๐Ÿ˜†

      • Hehehe๐Ÿ˜Š makasih banyak, Frany.. Itu yg saya tekankan ke diri sendiri setiap kali ngerasa cape, apalagi saya memang gak pake jasa pekerja rumah tangga, semua dikerjakan sendiri (yg memang keinginan saya untuk urus sendiri gak pake PRT)..

  7. Ahhhhh Oppie…seneng baca tulisanmu lagi. What you write semua BENERRRRRR BANGETTTT…. aukh glap mau ASI 6 bulan kek,2 tahun kek…mommy knows the best for their kids. Emang suka lebay di Indo mah ttg asix. Gue kena bully mulu dulu wkt jd new mom. Happy parenting ya Oppie..kiss for baby Taroumu yg ubercute ituhh *GMZzzz*

  8. Lucunya baby Tarou ๐Ÿ˜
    Baca pengalaman new mom itu selalu seru, bikin aku jd suka bayangin diri sendiri hahaha ๐Ÿ˜€
    Cepet sehat ya Mba Oppie, biar bisa beraktifitas normal lagi :*

  9. Baru hamil aja udah kebayang ๐Ÿ˜€ Tapi seneng baca tulisan jujur gini, bener2 bikin diri ini sebagai calon ibu baru melek dan bisa mempersiapkan diri.. Makanya skrg sama suami lagi nabung tidur..haha.. Kalo ga ada apa2 yg perlu diluar kita kelonan aja dikamar trus ketiduran deh :p

    Semua yg terbaik ya, mo Asi 6 bulan atau 2 tahun sih ga masalah, kan setiap Ibu tau yg terbaik buat anaknya kan ๐Ÿ˜€ Semangatt teruss Mama Tarou!! Kiss kiss buat baby Tarou ๐Ÿ™‚

    • Py selamat yah atas kehamilannya gw udh jarang bgt BW niiihh ketinggalan semua berita2 ๐Ÿ˜” Iya Py masa2 hamil itu indah lah, bs tidur kapan aja bs manja2 sm suami, bs makan apa aja dgn alesan “ngidam” hahaha!! Semoga sehat trs dan lancar ya persalinannya. Semangat jg ya buat kamu, en makasih ya Py! X

  10. oppiiieeeee
    gue setuju banget sama pendapat lo tentang baby blues. Inevitable dan biologis banget. Proses natural yang memang harus dilalui ibu baru. Bisa dikurangi efeknya kalo kita punya support system yg memadai.

    Tapi kalo buat kita2 yg hamil sendiri, lahiran juga sendiri….ya, terima ajalah. Enak juga kok bisa ngamuk-ngamuk ke suami trus tinggal nyalahin hormon. Hehehehe.

    Makanya gue kesel banget kalo ada yg ngomong “Awas loh nanti kena baby blues” atau malah ada yg sombong “Ih, untung gue gak pake baby blues deh”. Trus yg baby blues dikasihani dan dianggap gak mumpuni sebagai ibu baru. HUH banget deh. Masih pada perlu diedukasi nih.

  11. Whuaaah , jadi namanya Tarou ๐Ÿ˜๐Ÿ˜.
    Bener katamu Pie ttg baby blues, wajar sih kena baby blues tp kaya’nya gak usah nakut2in newly mom yg lain yah … *curcol*

Leave a Reply

