What to Expect When You Are Expecting

Berasa kayak mau nge-review filem dengan berjudul sama, tapi enggak loh sodara-sodara. Udah janji-janji mau ngeblog sering2 pas hamil tapi apa daya iman lemah dan kemauan cetek. Ga terasa bentar lagi udah semakin mendekati Brojol Day. Gue cuma mo cerita dikit tentang pengalaman hamil gue diantara pereu pereu bule di sini. Homesick banget deh selama hamil ini, cuma kualat banget gue bukan nya homesick sama rumah dan ortu gue homesick sama temen-temen cewek gue yang cewawakan dan bermulut somplak. Kangen sama spa dan pijet murah di Indonesia, kangen sama makanan – makanan kotor abang abang kaki lima dan jajanan anak SD. Kalo inget kayaknya mau guling – gulingan di rumput huhuhu!

Alesan gue kangen sama temen-temen cewek gue (temen kuliah, anak kelas Jerman) adalah kebocoran dan kejujuran mereka. Nah, selama kehamilan ini gue sok berani ikutan pertemuan emak-emak hamil di klinik bidan gue. Bidan disini namanya Verloskundigen, nah mereka tuh kayak klinik gitu, semua perempuan hamil ditanganin nya sama bidan dan bukan sama dokter kandungan atau sama Ob/gyn. Hanya perempuan yang kehamilannya bermasalah berat baru ditanganin sama Ob/gyn. Nah salah satu program baru dari klinik bidan gue yang jaraknya cuma sejengkal dari apartemen kita adalah Centering Pregnancy (CP) yang asalnya dari Amrik. Gampangnya adalah, pertemuan ibu – ibu hamil buat ngebahas masalah kehamilan dan tuker pengalaman dan di setiap pertemuan pasti di moderatorin sama 2 bidan. Diadain 1 bulan sekali dan peserta nya kurang lebih ada 10 orang. Jadi sebelum program CP ini diadakan, di klinik gue setiap ibu hamil punya jatah sebulan sekali buat control dan tanya jawab sama bu bidan, dan cuma dijatah 15 menit aja. Di CP kita punya 1,5 jam jadi puas banget deh ngoceh2 sampe jedir bibir nya. Pertemuan dimulai dengan games, dan kita semua duduk membuat lingkaran dan setelah games ada tanya jawab. Pertemuan diakhiri dengan mengukur tensi darah, berat badan, cek jantung bayi dan mengukur keadaan perut ibu.

Di CP ini rata-rata orang Belanda semua, well..orang Belanda maksud nya bule Belanda, Suriname, dan Antilles yang semuanya bahasa ibu nya adalah bahasa Belanda. Gue sebenernya males kumpul-kumpul karena gue males pergi ke pertemuan-pertemuan kayak gini dan gue kadang gak nyambung sama perempuan bule. Tapi berhubung gue pengen belajar banyak di kehamilan pertama, ya udah lah ikutan aja siapa tau kan banyak manfaat yang bs diambil.

Okeeehh..sekarang udah masuk pertemuan keempat. Terdengar seperti program yang OK kan. Tapi ada juga kekurangannya sih. Selama 4 pertemuan itu semua ibu hamil ini kayaknya pada biasa aja. Mereka semua sangat collected, normal, biasa, dan jaim. Gak ada yang ngeluh begini begitu, paling banter ya capek, lesu, mual. HALLOWW, itu mah biasa. Belon lagi ada yang suka bilang wah gue kok turun terus ya berat badannya. Dan tentu nya giliran gue yang ngeluh; Bu bidan kenapa setiap sikat gigi gusi saya berdarah, kenapa saya sering banget mimisan, kenapa saya sampe minggu ke 19 masih aja mual, kenapa saya pusing banget suatu hari sampe saya mau pingsan, bla bla bla. Ibu-ibu yang laen cuma ngeluh mual dan kecapekan. Bokis. Entah gue nya yang dramatis, karena hormon atau emang cemen, tapi gue gak percaya mereka gak pernah bagi-bagi keluhan yang kiranya merendahkan derajat mereka. Kalo gue nanya temen-temen cewek gue yang pernah hamil di Indo (via whatsapp) keluhan mereka selama kehamilan gue bs relate banget.

“Bok, gue pektay udah sebulan nih”

“Gue ga bs berhenti makan dan kalo gue berhenti makan gue mual”

“Buset vagi*n* gue kayak mau copot rasanya pas masuk bulan ke 7”

“Tau gak lo tadi gue nguber busway eh ga kerasa gue kaya nya pipis di celana…kayaknya pas hamil gue gak ada control sama area dibawah sana deh”

Dll.

Yang beginian tuh gak ada gue denger di pertemuan CP gue. Jaim banget deh, gue ngira mereka bakal terang2an bocor ye, abisan di pertemuan pertama kita semua tandatanganin suatu perjanjian bahwa semua yang dibahas di CP meetings stay in this room. Padahal gak semua kehamilan tuh cuma indah dan damai sejahtera ya kan? pasti adalah insiden-insiden yang bikin kita mikir..ini cuma gue aja apa orang laen juga punya gak sih? Insecurities nya ibu hamil tuh banyaaaak! Gue tau sih ibu hamil kan beda beda ya. Ada yg fine fine aja dan ada yang banyak masalah..cuma kalo dari 10 orang semua nya fine aja kan bikin gue ga pede…ya kan ya kan? Entah kenapa peserta CP ini kok kayaknya pasif, dan kata orang Belanda nuchter. Gue ngarepin nya banyak cerita, ketawa ketiwi, atau kisah lucu dan aneh. Gak ada blas.

Di usia kehamilan gue yang masuk minggu ke 24 ini gue ngerasa lebih punya tenaga tapi juga sering capek karena perut gue termasuk besar kalo dibandingin sama ibu bule yang hamil 6 bulan juga. Gue udah jarang mimisan dan keluhan gue saat ini adalah gak bs jalan jauh. Pasti deh kram perutnya… gue kayaknya musti beli belly support gitu deh. Dan kalo gue makan, pasti mual. Kayaknya fall back lagi ke minggu 19, oh sedep banget deh. So far gue udah naek 5 kilo aja saudara-saudara….Tapi selama bayi sehat gue happy! Karena bule rata-rata kan lebih tinggi, dan ceking ceking jadi perut mereka keliatan nya pun ga besar. Gue pun belum nyiapin apa-apa dari segi perlengkapan bayi, cuma baru ngecat kamar bayi aja dan beli piyama 1 bijik di H&M (abisan lucu bangeeett). Kalo ibu-ibu di CP grup kami suka ngobrol tentang apa aja yang mereka beli buat bayi mereka, gue males dengerin soalnya bikin stress…karena gue pasti compare sama diri gue yang belum punya ini inu. Mungkin gue emang dasarnya selon banget kali ya? hehehe. Baru besok nih kayaknya mau liat-liat stroller, kalo nemu yang second-an yang masih bagus sih itu lebih tobh lah.

Walaupun gue baru aja hina-hina ibu hamil di CP group gue, jujur aja gue belajar banyak dari CP meetings. Soalnya bu bidannya sangat…sekali lagi, sangat professional dan membantu para ibu hamil banget dengan informasi. Mereka sangat hands-on, setiap keluhan minor pasti ditanggepin dengan serius dan bahkan mereka mau visit ke rumah loe kalo loe punya problem. Loe boleh telepon ke handphone mereka kalau loe galau tengah malem juga. Walaupun gue belom pernah segitu galau nya sih…sampe nelpon segala malem malem. Hehehe. Pengalaman hamil di luar negri emang beda banget deh sama apa yang gue bayangkan sebelumnya. Kekhawatiran gue sebelumnya ga terbukti, secara semua di atur dengan rapi dan sistematis disini oleh pemerintah. Segala hal yang berbau medis dicover sama asuransi dan semua minim biaya. Kantor gue pun sangat kooperatif dan protektif dengan pegawai yang hamil. Gue punya hak +1 jam istirahat, yang artinya diluar jatah makan siang gue yang 1 jam itu, gue masih dapet 1 jam lagi karena gue hamil. Ibu hamil butuh waktu bebas buat istirahat. Nah gue pergunain waktu itu sebaik-baiknya dengan jalan-jalan di taman abis makan siang. Atau masuk kantor telat…semua boleh 🙂 Dan baru aja minggu lalu kelar sama arrangement buat cuti gue yang makan waktu lama banget, gara-gara ketidakjelasan pergantian tim gue di kantor…

Gitu aja kali ya sharing-an gue kali ini.. Ada yang mo curhat juga tentang hal-hal yang loe rasain pas hamil? Lumayan buat belajar nih buibu 🙂

35 thoughts on “What to Expect When You Are Expecting

  1. Sengsara banget klo hamil di luar memang mana semua kudu diurusin sendiri. Duuh klo udah mual2 sementara kerjaan rumah numpuk. Tapi yang paling nyiksa itu kalo dah craving makanan Indo apalagi klo yang gak ada macem sarapan bubur ayam abang2 ato empal gentong ato martabak keju (wlopun yang ini bisa banget dibuat). Ribeeet!!! I feel you!

    • Jujur sampe bulan ke 4 gue gak masak sama sekali dan gak ngurusin rumah. Suami yang ngurusin rumah, masak dan ngurusin kucing (ada dua lagi). Karena tepar, mual, lemes, dan kalo masak apa pun rasanya gak keruan karena ga bs ngerasain bumbu sama sekali huahaaha! Tul banget craving bubur ayam kayak gue ini yg spesifik banget (bubur ayam cikini) bias sih dibikin/di coba2..cuma rasa malas itu kayaknya lebih besar 😀 😀 you know banget lah ya hahaha

  2. Waktu hamil dulu juga banyak sedihnya ahahahah aka complain mulu. 2x masuk rs karena hypermesis trus pengen ina itu tapi susah bener dapatinya. Trus kayanya gak mood dandan dll kucelll banget . Senengnya ngadem dikamar nonton csi! Baru bisa aktif dan mulai kluar rumah pas diatas 6.5bln .. Emang tiap ibu hamil pengalamanya beda2 yaa. Ngiri banget sama yang hamil taoi tetep glowing dan aktif.

    Anyway sehat terus ya Opi dan baby inside .. Semoga nemu stroller yang oke ya besok 😉

    • Aduh Nisa hyperemesis itu nelangsa bangeettt…Gue jg males banget dandan (dan mandi) cm karena musti ngantor setiap hari yah kepaksa deh. Kalo weekend, kebo! hahaha. Rasanya ngiri sama ibu hamil yg tetep aktif, olahraga, super chatty..huh gak gue banget LOL. Makasih yaah, amiinn thanks doa nya.

  3. Oppie, Pengalaman gw hamil disini dan kontak dengan ibu hamil lainnya; hamil di Belanda harus dinikmati karena pilihan yang dipertimbangkan secara matang (kinderen nemen niet kinderen krijgen). Ini memang nyebelin Pie, kalo kita hamil terus ngeluh karena ngga nyaman, yang mana ini wajar untuk ibu hamil, ibu-ibu lainnya akan lihat ke kita seperti kita dari planet lain.

    Sayang ya masih begini sekarang attitudenya padahal gw pikir udah berubah dari jaman gw hamil G tahun 2000.

    Belum lagi pendapat umum sini bahwa melahirkan harus dirumah, karena lebih nyaman. Londo dan bidan londo sangat bangga dengan kebiasaan ini. Menurut gw sih pola pikir yang ketinggalan, kalo merasa lebih aman melahirkan di NL kenapa ngga, iya kan? Jadi panjang ini komennya. Gw udah draft ttg pengalaman hamil & melahirkan untuk terbit kalo G ultah bulan Juli nanti btw karena menurut gw situasi di Belanda masih sangat tradisional 😉

    • Entah ibu2 ini kayaknya nuchter banget nget nget. Gue merasa jd aansteller deh mbak..cuma bidan yg nanganin gue untungnya sabar banget & gak judgement. Bener loh, sampe skrg ada bbrp verloskundigen yg emang nyaranin (pake maksa) buat giving birth di rumah dan nolak mentah2 painkiller atau ruggenprik dsb. Untung verloskundigen gue gak. Dan ada juga loh kraamzorg yg nolak calon ibu yg gak kasih ASI. Aneh banget…

      • Numpang nimbrung ya Mba Yo, waktu pas aku hamil dulu aku kan ikutan hypnobirthing nah si ibu bidanya itu kaya secara langsung dan gak langsung bilang kalau sebenrnya dimana2 secara alamiah melahirkan ank itu idealnya dirumah dengan metode waterbirth. Trus selama hamil gak bagus buat mengeluh karena menggangu proses perkembangan janin. Dia jelasin secara detail bla bla bla tapi aku dengernya tetap ngeri aja ya.Trus memang pada waktu itu entah ya sekarang kalau banyak yang akhirnya memilih melahirkan dirumah Mba. Dan gak boleh pakai painkiller juga.

        Trus pernah baca di salah satu artikel gitu (lupa dimana) kalau emang skrg banyak yang nganjuri. Lahiran dirumah dibanding RS. Jadi gak sabar oengen denger sharing nya mba Yo tentang cerita ibu2 hamil disana. Apa iya emang sekarang trendnya seperti itu

        Sorii opie ini kepanjangan commentnya ;p

  4. Waktu hamil the boys dulu aku craving lamb rogan josh Pie, pdhl yah sebelum hamil ga perna suka dengan rogan josh. Jadinya dalam seminggu tiap hari order rogan josh dari resto India yg sama, sampe yg angkat telfon hafal suara gue!😃 Gw mual2 sejak hamil 2 minggu malah tiap makan langsung kluar. Kmana2 bawa ginger buat nahan mual dari itu permen ginger, ginger tea sampe ginger beneran. Tp setelah 13 minggu lewat mualnya langsung stop. Take care Oppie dan sehat terus ya. xx

    • Ria, aku ada kali 2 minggu an gitu pengennya makan makanan Indiaaa muluk. Tapi aku suka nya Chicken Vindaloo, spicy buanget. Jahe gak mempan dia ku sayangnya, tp minum Ginger tea gitu enak aja sih jadi anget, walaupun gak ngefek buat ngilangin mual :p Untung skrg cuma kadang2 aja mual nya, dan cepet ilang nya. Thanks a lot Ria! have a nice day xxx

  5. Yaaaas ampun aku telat banget ngak tahu kamu hamil pie, selamat ya pie tau tau udah 6 bulan.iiih kangen deh sama kamu.
    Duuuh maap aku ngak bisa kasih solusi cos belum pernah hamil. Tapi senang beberapa kawan blog pada hamil dan anak anaknya sepantaran semua, seruuu. Di tunggu cerita selanjutnya ya say dan hati hati jangan sering nguber bus….

    • Hahaha iyaa, aku juga gak woro-woro dari bulan pertama baru kasitau pas udah 4.5 bulan kok (18 minggu) … Soal nguber bus tenaanngg aku gak nguber bus disini, palingan tram hehehe. Makasih yaa!

  6. Kangen soto mie kantin sma 78 itu ngga? *nyari masalah*
    Booo, gw hamil anak pertama seinget gw sampe 5 bulan masih mualllllllll
    7 bulan ke atas tambah males ngapa2xin kayak ikan paus kesasar. Jelek banget lah :))
    Sehat terus ibu dan bayi… Oktober gw jenguk yaaa *numpang makan juga* :p

    • Wah mau nya ketoprak depan 78 Ky! hahaha. Kayaknya kalo gak musti ngantor gue pasti malas mandi dan kebo banget nih. Makasih banyak ya Ky. Eh beneran nih Oktober, mari siniiii! 🙂

  7. Gw dulu suka mimisan dan berdarah juga Pi.. Tp sisanya sih Alhamdulillah ga banyak keluhan. Oh paling badan berasa berat (yaialaaah, naiknya 20kg).. Kalo gw jujur agak self-hypnotized gt deh untuk ga banyak ngeluh.. Soalnya gw di sini sendiri. Takutnya malah jadi stess.. Malah repot entarannya.. >_<

    • Normal sih ya Be’ kalo mimisan dan gusi berdarah buat bumil. 15-20 kg rata2 deh naek nya temen2 gue Be’ . Iya nih gue orangnya emang ga biasa nahan deh Be’ pasti penasaran kenapa kok begini kok begitu..makanya ikut Centering program ini kirain bs tuker2an banyak pengalaman. Kalo ga gitu kebalikan nya loe Be’ gue jadi stress 🙂

  8. Pie, pengen liat foto hamilnya deh..hihih 😀 Sehat2 yahh, meski gw belum hamil, tpi udah tau banget lah keluhan para ibu2 hamil.hihi.. Secara jadi pendengar yg baik saban hari dikantor 😀

    • Ga pede kalo mejeng foto hamil deh hahaha. Gede banget Py…nanti kali ya kalo udah lahiran aja deh gimana? hehehe. Kamu udah belajar lah ya dikit2 hahaha

    • Melahirkan di rumah katanya sih malah rileks. Cuma orang beda2 ya Nggi, aku mah wes ke rumah sakit aja lah… Foto sementara di kekep dulu lah gak pede, jerawatan, badan kayak paus, hahaha.

  9. waaa, tinggal 3 bulanan lagi?? best of luck, Oppie dear! sehat2 terus yaaa!
    gue terkesan deh baca bahwa lo sampe ikutan program CP segala. kyknya nanti kalo gue hamil, gue malah bakalan males bersosialisasi. 😀 (skarang aja udh males sih, hihihih!) kebayangnya soalnya ibu2 lain yg sok2 nasehatin ini itu, padahal kan kyk yg lo bilang, pengalaman ibu hamil pasti beda2. walopun sih nilai tambahnya ya dapet perhatian khusus dari si bu bidan. puas2in deh nanya2 sama bu bidannya dan semoga semuanya lancar yah! 🙂

    • Gue pun terkesan sm diri gue sendiri (cailehh…boleh gitu?) sampe ikutan program Centering ini, padahal gue rada anti social sebenernya. Puni gue bilangin dr skrg ya, once you get pregnant people surround you become very opinionated. Dan kita musti sangar deh kalo gak eneg aja denger segala nasehat2 itu walopun niatnya baek. Lumayan so far dengat ke-kepoan gue ini, belajar banyak dr bidan, mending deh drpd buka2 artikel2 di internet yg malah bikin gue tambah parno! 😀 makasih ya puniiii! muuuahh xx

  10. Salam kenal, aku silent reader. Aku hamil 9 bln full mual muntah tiap hari dan tiap waktu plus masih bekerja. Full tes lab jg krn riwayat keguguran. Dinas ke sing & sby. Mantap pokonya. Muntah terakhir itu pasca caesar, parah ya. Keserempet motor pas nyebrang, itu motor cakepnya lawan arah & ga nolongin juga pas aku jatoh posisi sujud tp tangan nahan badan langsung deh disuntik tetanus, obgyn bilang bumil ga boleh luka *sakitnya 3 hari di lengan bekas suntikannya, hiks*

  11. Pop…. ya ampun aku gak tau kamu hamil. SElamat yaaa. Ini gara2 postinganmu gak ada yang masuk ke WP reader huhu. Sekarang aku follow ulang kayaknya, takut gak masuk lagi. Selagi lagi selamat ya dan semoga lancar2 ampe lahiran.

  12. Wooottt…wooottt…woooottt? Oppieeeeeeeeeeee. Selamat yaaaa, bumil. Seneng banget dah lama gak ngecek blog lo, sekalinya ngecek ada kabar super bahagia begini.

    Gue dulu kan pernah booow hamil di belande 6 bulan. Bener banget tuh kata lo, orang sana kaya ngegampangin hamil gitu ya. Tiap gue ngeluh bu bidan cuma jawab, “ya namanya hamil emang gitu, gak bisa diapa2in, tungguin aja sampe ilang sendiri”. Akhirnya tiap konsul gue diem aja walopun gue sering ngerasa capek dan lemes, tapi males kan yaaaa kalo bu bidan bilang “namanya hamil emang gitu”

    pas sampe di finlandia gue pernah lemes sampe hampir pingsan dan setelah diperiksa ternyata gue anemia dong dong dong. Lemes dan pusing2 ilang setelah dikasih tablet zat besi sama bidan sini.

    • Makasih ya neng Rikaaaa!!:D 😀 Iya banyak praktek bidan yg cuek gitu, untungnya bidan gue enggak. Mereka malah nawarin gue cek darah dan tes zat besi karena gue lemes nya ga ilang2.
      Tapiiii…ibu2 laen yg suka pada begitu bahkan yg sesama bumil jg suka nganggep sepele. Suka ngegampangin bgt, ya iyalah hamil ya gitu. Telen aje. Tp gue denger dr banyak orang, bidan2 mereka bnyk yg suka nganggep sepele gt emang Ka…kenapa ya? Ih untung di Finland ketauan kalo anemia…sukur bangeeett!oh my.

  13. Ikut nyimak mba Opie 😀
    Jadi ikut deg-degan besok kalo hamil gimana ya akuu.. Secara pas gak hamil aja aku gampang ngeluh 😛

  14. OMG! I feel you! Gw juga suka kurang nyambung ama perempuan2 bule, valuesnya beda ama kita dan gw suka ngerasa mereka ngelihat gw kayak gw tuh vulgar klo lagi curhat secara terlalu terbuka. Padahal gw ngerasa biasa aja tapi mereka ngelihat gw kayak gw tuh orang kampung baru masuk kota atau gimana gitu. Gw belum hamil sih, ini curhatan aja setelah ketemu ama temen2nya laki gw atau pacar2nya temen2 laki gw. Mana orang british pula lagi yang terkenal super jaim. Lebih nyambung ngobrol ama cowok bule soalnya gw berasa lebih santai aja dan topiknya luas. Sorry ga malah curcol. Hehe congratulation of your baby boy! I feel that I can relate to you on a personal level. 😀

Leave a Reply

