Mari Yuk Olahraga!

Masih inget gak dulu pas gue cerita kalo gue cedera otot bahu? Walau udah setahun lalu ternyata sampe sekarang gue masih aja banyak keluhan tentang otot bahu gue, bahkan kadang menjalar sampe lengan dan jemari. Tadi nya gue gak gitu care, emang sih kalo kebanyakan kerja sama computer pasti deh gue ngilu-ngilu gitu. Nah ini, kerjaan gue kan kerja kantoran setiap hari nya ngereview/audit system logs dan sys admin, bikin compliance presentation and reports dll di computer, makanya gak mungkin aja setiap hari nya gak ngerasain ngilu otot. Parah deh. Di kantor gue bahkan dikasih kursi khusus yang harga nya 5x gaji gue karena wajib dari perusahaan untuk membantu pemulihan karyawan, gimanapun cara nya. Kursi nya bs geter geter gitu kalo gue duduknya salah dan banyaaak bgt tombol nya. Aslik, kayak di Star Trek.

Udah lebih dari setahun ini gue rajin berenang, sekali renang gue biasanya 16 laps atau gak 18 laps. Supaya otot bahu gue lentur aja dan membantu pemulihan kata fisio terapis gue…sutra lah. Gue untungnya suka berenang, jadi paling males keluar nya itu aja. Biasanya seminggu sekali atau max. 2 kali seminggu, lalu setelah 8 bulan jadi sebulan sekali (males bok). Olahraga gue jadi nya cuma ke gym aja. Itu juga cuma seminggu sekali. Dan kadang gue jalan aja deket-deket rumah palingan 3-4 km PP, dan ikutan work out online gitu… berenang jadi sedikit ditelantarkan sekarang karena summer pengennya keluar jalan-jalan.

bc5b0ae5199ac046edfcee28e6b9bd99

Dua minggu lalu gue ke pesta barbecue temen nya J, dan temen-temen mereka udah punya anak kabeh. Ada satu baby nya sohib nya suami gue yang gue demen banget gendong gendong. Tapi dia sekarang bukan orok lagi melainkan udah umur 9 bulan jadi udah berat coy, bayi bule soalnya hehe ! Seharian lengket sama gue, gue tidurin, mainan sama gue, gue ciumin dll, lucu bangeett. Nah besokannya tangan kanan gue bengkak sampe bahu gue dan sakit banget buat digerakin. Nah, gue curiga ini jangan jangan kambuh lagi deh penyakit otot bahu gue. Besokannya gue langsung control ke fisio, kali ini fisio nya baru. Males gue ke tempat lama cuma di cemek cemek gak dikasih latihan atau saran gitu. Fisio baru gue ini langsung periksa, dan iya dong bener ternyata bahu gue ini somplak! Udah gak ada power nya acan. Dari semua latihan-latihan yg dia kasih, keliatan tangan kanan gue ini gak berfungsi normal. Karena gue ini kan right-handed, tp kok tangan kiri gue yg lebih kuat. Gara-gara ngegendong baby nya temen gue itu lah tangan gue bengkak (gue gendong sebelah kanan), karena otot tangan kanan gue gak kuat sebenernya tapi gue paksa makanya jadi bengkak gila gitu…ow ow.. Jadi sedih, gimana entar gue gendong anak sendiri? Masak anaknya gak digendong?

Jadilah sekarang gue musti aktif renang lagi, bagus juga sih karena sekarang cuaca udah mulai kayak musim gugur. Hujan terus, daun-daun mulai kering dan berganti warna, angin kenceng, pffhh..Selain itu gue musti control ke fisio dan dikasih work out khusus buat bahu gue. Untung aja semua nya tercover sama asuransi 🙂

source

Semenjak penyakit ini kambuh gue mikir, ya ampun umur gue masih 30 tahunan kok ya badan gue berasa jompo banget sih. Gue mendadak serem, ngebayangin 10 tahun lagi, gimana kabar gue coba? Sengkleh semua? Jangan-jangan gak kuat ngasuh anak coba…Huhuhu. Gue nyesel banget kenapa gue ini gak rajin olahraga dari gue muda sih? kenapa baru umur-umur segini baru aktif nya. Kan seenggaknya kalo dari usia muda rajin berolahraga, posisi badan juga bagus, gak lemah dan mencong-mencong begini. Yah, penyesalan datengnya belakangan! 😦 Intinya kenapa gue nulis ini, supaya yang baca postingan gue tau manfaat betapa pentingnya olahraga pas kalian masih kinyis kinyis. Yang gak kinyis kinyis lagi seperti saya, siap meringis. Hahaha, enggak kok. Masih ada kesempatan laahh, kata fisioterapis gue ya asal yang konsisten. Bu dokter nya nasehatin akika. Olahraga itu bukan buat nurunin berat badan atau bikin berotot kayak body builders semacam Ade Rai gitu. Tapi lebih buat kelenturan otot-otot dan melatih kekuatan otot tubuh, anti-stress, menyegarkan gak cuma pikiran tapi juga jasmani, bikin awet muda dari dalem juga. Jadi, pilihlah olahraga yang cocok buat kamu dan jadikanlah lifestyle kamu. Okehsip kalo ngemeng bae mah gampang ya bok? Gue sih udah tehe. Mraktekin nya aje susyeh. Trus juga musti diliat interest nya loe apa. Kalo yang low-impact ya coba aja aerobic, qi gong atau yoga (kan banyak tuh macem nya yoga). Kalo yang suka nya gobyosan, nah dicoba deh tuh lari, kick boxing atau spinning. Asik loh spinning itu bikin pantat yahud kayak JLo…hahaha! :p ada ex-kolega yg jadi fanatic sama spinning Oh my..pantat nya jadi keras banget. Oh yeah. Jadi gak ikut work out karena lagi trend aja tapi musti emang cocok sama kondisi dan interest loe apa. Yang penting harus commited.

Nah, buat gue ya gue anaknya yang nda suka gobyosan alias yang heboh trus keringetan hebat. Makanya lari tuh gue hindarin. Paling ya di gym lari 1,5 km aja di treadmill udah cukup. Gue lebih suka hiking, yoga dan berenang. Setelah berolahraga kita biasanya happy loh, karena tubuh kita memproduksi hormone endorphins. Endorphins itu kalo di jabarkan bahasa kita adalah sejenis morfin alami yang dihasilkan oleh tubuh kita. Makanya kalo setiap selesai olahraga kita ngerasanya euphoric atau happy lah.

Ini juga sebagai catatan gue sendiri supaya gue gak males-malesan lagi olahraga bu ibu…Pulang kerja langsung masak trus dinner, dan beres-beres. Yang biasanya langsung selonjoran abis dinner ini bs diganti dengan ke gym atau berenang. Pastinya ada kala nya males deh, tapi kalo males gue harus baca postingan gue ini supaya gue kagak angot-angotan. Ada kah tips nya dari kalian supaya gue gak males-malesan olahraga nya? Karena masalah gue tuh gue kurang commited deh… Kalo udah dijabanin gue pasti aktif banget tp kali udah sekali skip, ih pasti susah back into the routine nya lagi. So far gue udah pake reminder di iPad lah, beli outfit baru buat yoga lah, tapi masih aja kadang tuh kegedean malesnya. Ada jugakah yg masalahnya sama kayak gue. Yang rajin olahraga bagi bagi dong tips nya please….hihihi.

Thanks for reading!

52 thoughts on “Mari Yuk Olahraga!

  1. Pas bener nih topiknya. Aku juga sempet cedera otot bahu yang sampe sekarang masih suka kumat2an (dasar udah nenek2). Asal muasalnya jatuh di step waktu di stasiun kereta di Krakow (paling nggak ada yang bisa dibanggain tempat jatohnya yak), terus keseleo, dan waktu di Krakow itu pake jaket sakitnya kaya digebukin Jepang.

    Alhasil nyampe rumah (balik ke DK) bertandang ke fisioterapis (yang kebetulan termasuk asuransi kantor) sampe 5x, akhirnya “lumayan sembuh”, tapi klo kontraksi atau suka ngoyo tetep aja kadang kerasa sakitnya alias ga pulih normal.

    Nah, berenang nih termasuk salah satu sports yang aku paling demen, tapi berhubung karena aku takut air dan nggak canggih (30 menit pertama mesti panik dulu baru setelah itu bisa menikmati) alhasil bukan jadi pilihan. Kebalikannya aku sekarang malah suka lari. Jogging rajin 6x seminggu belakangan ini, kayaknya ntar kalau udah mulai dingin baru jogging di gym. So far sih oke, BB gw turun bodi makin enak, walaupun nggak membantu bahu juga sih.

    Eh sori, jadi ngelantur nggak menyelesaikan masalah yak.

    • Iya va, gue pernah “pulih” tp 2 mgg lalu kambuh or gue nya aja yg baru ngeh kalo gue masih sengkleh. At least loe merasa sehat, jadi why not toh? bagus banget deh rutin jogging gitu. Soal bahu ini, gue MUSTI KUDU WAJIB ngelakuin work out dari fisio 2x sehari. Gue nurut aja deh, gue sedih bgt pas liat kemaren masak gendong bayi aja udah bengkak berhari hari gt….

      • Coba yoga itu buat “ngelurusin otot”. Beneran, sebelum gw lari, kaki gw tuh payah banget, disuruh berdiri satu kaki aja udah goyang2 ga keruan terus balancenya jeblok, setelah gw lari, otot gw lebih kuat dan bisa support.

        Temen gw ada yang ada tendensi tulang belakangnya ga bener, jadi dia ikutan iyengar, doi puas banget dengan itu. Klo gw yoganya seminggu sekali aja, buat indikasi klo badan ada yang ga bener apa kagak.

        Soal motivasi, entah kenapa badan gw sekarang malah nggak enak klo nggak lari, jadi malah “kepengen” lari terus. Walaupun lari tuh jadi penyiksaan diri juga, klo udah abis napas sama kaki capek, tapi setelahnya endorfinnya itu yang bikin high.

      • Beneran yah emang yoga itu enak buat bikin tambah lentur dan lurus otot nya. Ah gue jadi termotivasi denger cerita loe, kalo gak lari gak enak,…Gue jg mau!

  2. Hmm, motivasi gw sih pingin selalu rasa fit Pie. Kadang males juga sih tapi kalo mikir seger setelah olah raga akhirnya gw lari juga 🙂

    Good luck ya Pie, semoga therapynya sukses dan sakitnya berkurang.

    • makasih mbak ! suka heran sm yg fanatic olahraga nya kok bisaaa siihh…bener, kalo udah abis work out baru kerasa betapa fit dan bagus nya buat badan dan pikiran ya.

  3. benar banget nih postingan, saya sebelum liburan dan ramadhan 2 tahun ikutan latihan main tennis, berasa banget tubuh saya merasa sehat ketika seminggu 3x latihan skrg ramadan sudah berlalu dan sy masih liburan dan makan terus yaaa ampun kacau balau deh olahragaku sekarang………………..pengen aktif lagi deh pas balik nnti………………..

    • Wah Siti kamu 3x seminggu latihan? Aku aja 1x seminggu males nambah lagi hahaha. Hebat deh. Kok kamu bs konsisten gt gimana cara nya? Semoga pas balik nanti kamu seaktif sebelumnya ya!

      • iya ekh ralat 2x aja selasa kamis… iya dulu rajin banget karena saya banyak lihat teman saya belum tua sudah kena penyakit kronis karena gaya hidup….dan pola makan… makanya work out itu bukan mau langsing tapi menurut saya pilihan hidup…. biar bisa terus sehat menikmati hidup yang sekali ini saja

      • bener, pola makan ala Indonesia emang ga sehat ya neng. aku jg olahraga buat kebugaran tubuh liat aja tuh renta bgt badan ku sekarang huhuhu. amiiin ya !

      • iya disni makan mulu..jarang gerak..makanya ..jdinya melar.. skrg… makanya pagi dsini saya ikutan lari sama para elder di taman

  4. Wah kalau aku encok op, ambun dijreb lah gara-gara pernah nyelip nie otot pinggul gara gara dorong kasur waktu mau ganti seprai sepele kan kasusnya, nah sejak itu kalau aku baru males gerak pasti kambuh lg sekalinya gerak banyak.
    jadinya sekarang aku rajin nyapu n ngepel rumah tiap hari op..
    biar jerak nie pinggul 1,2,1,2 sapu, sapu ngepel ngepel…

  5. Gue sempet cidera pergelangan tangan kanan pi… 4 bulan libur muaythai.pernah coba balik ngegym ehh maless bok..ga ada motivasi. Selasa lalu balik muaythai lagi. Tangan kanan udah ok sih..tapi ga mau “uppercut” dulu ah..masih ngilu dikit..

    Semangat olah raga!!!
    Biar sehat..kalo turun bb…hmmm agak pesimis gue..secara mamamnya ttp gragas! :))))

    Cepet sembuh bahunya ya piii

    • Biasanya kalo udah setop gt deh Jo susah balik ke routine nya. Kayak pas renang gt lagi getol getol nya eh kolam indoor nya ditutup 3 minggu. Pas buka lg adoohh males bgt, nyepeda ke kolam renang kayaknya berat bgt.

      Biar sehat Jo! badan gue renta bok! Kali kalo olahraga nya 4x seminggu bs lah kurus walau nggragas. Tp, sapa coba yg punya waktu?

      • Ho’oh sama pi… gue pun kalo dah lama off..males banget mau balik lagi. Ada aja jadi alasan. Kadang udah bawa segala peralatan olahraga eh gue bisa2nya lurus terus ga jadi belok ketmpt olahraga…muaythai pun cjma bisa 1x seminggu or max 2x seminggu..itu aja dah sukur2 bisa sempet2in

        Gue juga suka berenang dulu. Tapi skrng kok males yam males bilas2 dan bawa perintilannya hehe…

  6. Gw jg paling males olahraga deh pie, semakin kemari kok semakin bgt, wacana mulu mau daftar gym, padahal dulu di Jkt paling rajin gw ikutan nge gym, aerobic, etc.
    Palingan sekarang kl pas traveling aja, gw jalan kaki sebanyak2nya 🙂
    Cepet sembuh buat tangan lu pie, ati2 lho itu tangan, obatin ya bener bo !

    • Mungkin loe belum nemu aja Feb itu olahraga demenan elo.. Udah jelas bukan gym kayaknya ye. Jalan kaki tuh yahud bgt buat ngilangin kalori…beres dah urusan loe hahaha. Thanks Fe, ini kayaknya sembuh nya masih lama gak bisa langsung beres.

  7. Hehehe tosss, ini udah 30an berasa banget badan sering pegel pegel. Gue juga kalo abis gendong bayi (padahal lokal 😆 ) pulangnya langsung counterpain an tangannya, pegel banget. Dan pegelnya tuh bisa sampe besokan harinya, makanya gue karang jarang gendong2 anak. Huhuhu padahal belom punya anak 😥
    Katanya sih yoga paling bagus buat recovery badan. Tapiii emang males nya itu loh, penyakit banget dah. Belakangan gue juga jarang olah raga, yoga juga jarang waduh badan rasanya udah kayak kayu, sering kaku kaku gitu. Postingan ini jadi reminder nih, biar gue rajin olah raga lagi kalo gak mau umur 40 udah sengklek 😆
    cepet sembuh bahunya ya Pie 🙂

    • ternyata bukan gue aja ya yg pegel pegel abis ngegendong anak…iya bayi sini umur 9 bulan udah gede nya kayak anak Indonesia umur 2 taun…:p gedeee! iya reminder buat kita2 aja, supaya awet muda 🙂

  8. At least di sana sepedaan mulu ya pie! Disini mau olahraga hrs nyari waktu khusus, blom lg ke tempat yoga/gym/kolam renang pake macet dulu di jln, keburu males deh. Gue jg sukanya yg low impact aja (itu aja udah berasa ngos2an). Semangat pie! Eh gue pernah nonton kl otot2 kita tuh katanya makin tua makin mengecil kl gak digerak2in loh. Oh nooo 😦

    • Iya disini gue cuma punya sepeda Yun, hahaha. Irit dan praktis aja soalnya gym nya deket bgt dan kolam renang nya jg paling 10 menit naek sepeda.
      Bener, otot-otot kalo jarang dilatih mereka makin mengecil dan lama2 gak berfungsi.

  9. Aku males bgt olahraga Pop. Kemaren pas gak kerja kadang2 masih jalan/lari begitu kerja bubar jalan semuanya. Pulang kantor, makan, trus tidur. Apa kabar badannya? Udah pasti gak sehat. Niat melulu aku huhuhu. Gak bantu ya, malah curhat

    • Gak papa curhat say, banyak temennya disini LOL. Iya tadi nya aku jg gitu tapi lama2 banyak bgt keluhan di badan ini, adaaa ajaa..dan ujung2nya emang harus olahraga non. Mungkin kamu masih adjust sm rutinitas baru kamu sekarang yg ngantor..gakpapa. Lama2 pasti pengen work out lagi 🙂 badannya yg minta..hehehe.

  10. Yuk mareeee…(sambil meluk guling lagi..hehehe..) Aku dulu sempet rutin olahraga gara2 level kolesteral naik.., abis itu adem ayem lagi.. Tapi kalo disuruh bersihin rumah semangat aja, cuma kalo olahraga yg sengaja olahraga.., bahh..! Susah konsisten.. Semoga bahumu kembali sehat ya Pie..:-)

  11. Cepet sembuh ya, kak Oppieee. Biasa kalo anggota tubuh sakit jadi susah mau ngapa2in.
    Dulu sih aku pernah diet sehat.. Maksudnya biarpun gemuk tp ga pernah sakit2an gitu kak. 4 tahun ngejalanin ini, makan+olahraga yg bener, puji Tuhan sehat terus 🙂 medical check up skala normal atau besar (from head to toe) hasilnya selalu bagus. Skrg lagi lanjut diet cantik aja hehehe.

    Dulu motivasinya.. Karena papa kena diabetes dan asam urat, kakinya ga bisa gerak selama 2mggu trus dirawat di rs. Aku ga mau punya riwayat penyakit kya papa.

    Semoga membantu 🙂

    • Thanks ya Grace 😉 motivasi nya bagus bgt supaya stay healthy. Semoga papa kamu sekarang kondisi nya lebih baik Grace…serem ya kalo orangtua kita jatuh sakit gitu. Aku jg gitu gapapa deh berat timbangan nya sedikit lebih dari batas cantik yg penting dalemnya, sehat 🙂

  12. Soale kalo datang didepan namanya Pendaftaran, Pie. Bukan penyesalan..hehe *krik2*..

    Iya bener, itu tanda ut mulai lagi kebiasaan hidup sehat.. Jadi pengingat buat gw juga nih.. Thank you dah berbagi yah Oppie, dan semoga tangannya bisa kembali pulih.. AMinn.. 🙂

  13. setelah kepala tiga akhirnya aku daftar gym and I like it so much. Apalagi kalau ikut kelas dan gurunya menyenangkan. Ditambah lagi bisa makan apa aja dan bakar kalori sampai mandi keringat, abis itu happy berat 🙂

    Ayo semangat olahraganya!

  14. Oppie olahraga ini emang kadang malesin tapi bagus padahal ya buat kesehatan. Huhuu dulu masih suka ngegym sekarang boro2 deh. Lari pagi aja lebih banyak malesnya. Tp km hebat, cuaca hujan, udara dingin, yang malah bkin jadi lebih males buat olahraga tapi masih bisa berenang. Semangat terus yaa Oppiee :*

    • Nungguin cuaca bagus disini ga jalan2x deh Mar hihihi. Sekarang habis liburan mulai lagi deh rutin 2-3x seminggu…sisah diajak jalan kaki nya sih tapi haruuuss..Iyaaa! semangat deh.

  15. Kalo aku punya masalah sama tulang punggung. Suka sakit bgt tiba-tiba sampe gak bisa gerak sama sekali. Entah kenapa 😦
    Gimana bahunya skrg mba Oppie? Sudah baikan kan? Semangat olahraganya ya mbaa 😀

Leave a Reply

