Hasil Dari Budwig Diet

Sempet beberapa bulan lalu nulis tentang Budwig Diet. Kalau mau baca cerita lengkapnya tinggal klik disini ya. Ceritanya aku sudah lama menderita setiap habis makan…ya kram perutnya, diare, melilit atau mual setelah makan. Dan pada suatu titik aku muak banget dengan gangguan habis makan ini dan cari solusi nya untuk konsultasi. Aku males kalau pergi ke rumah sakit dan lebih tertarik untuk pergi konsultasi ke terapis homeopati, dan selain terapis homeopati beliau juga praktisi pengobatan alternatif. Atau istilah kerennya Naturopathy.

Aku jujur lebih tertarik buat nyoba pengobatan ini karena naturopathy berfokus pada zat alami, metode minimal invasif, dan promosi penyembuhan alami melalui vitalisme. Jadi gak pakai obat-obatan farmasi lah, semua serba natural dan lebih menekankan kepada gaya hidup lebih sehat. Suka deh karena gak nimbun sampah di badan yang udah cukup disampahin 😦 Dan dari terapis inilah aku belajar untuk lebih ngerti tentang jenis makanan apa yang bisa menyebabkan sakit perut, alergi yang aku punya, dan gimana caranya menerapkan pola makan sehat yang sesuai dengan kebutuhan badan aku. Karena setiap orang kebutuhannya berbeda-beda.

Kadang kalau bosan atau gak punya buah segar di rumah maka menu sarapannyaΒ  aku selingi dengan menu sisa makan malam semalam atau dengan roti sourdough dengan Nutella…aku memang ga bisa jauh jauh dari Nutella, hehehe. Tapi gak sering-sering sih karena sudah kebiasaan makan dengan menu Budwig ini jadi kadang kalo udah beberapa hari gak makan jadi nagih. Aku paling gak bisa sarapan dengan buah tok, karena cepat lapar. Apalagi kalau sampai kantor aku langsung aktivitas nya hardcore, meeting sana sini .. jadi kalau dengan sarapan buah saja duh gak bisa mikir!

IMAG1627

{Greek yogurt, flaxseed oil, chia seeds, organic corn flakes, sunflower seeds, blackberries, wheat bran and a dollop of maple syrup}

 

Pengalaman aku selama mengikuti menu sarapan Budwig diet ini salah satunya adalah, sebagai berikut:

  • Lebih fokus kerja. Karena perut cukup diisi dengan makanan penuh nutrisi, biasanya kalau gak sarapan dulu pas sampe kantor perut keroncongan dan minta-minta sarapan sama kolega yang semuanya cowok. Jadi bisa ditebak aku dikasih sarapan apa, kalo gak cookies ya musli bar. Musli bar itu sebenarnya ada yang sehat sih cuma biasanya yang dijual di supermarket biasa tuh isinya cuma GULA.
  • Lebih enerjik, dan ga perlu banyak minum kopi. Karena lemes ga cukup sarapan, aku jadi banyak minum kopi supaya “hidup” nah dengan sarapan dengan menu sesuai Budwig diet ini dijamin langsung terasa banget di badan. Ga perlu konsumsi kopi berlebihan deh untuk bisa berfungsi di pagi hari.
  • Gak begah. Walaupun porsi nya sedikit tapi karena isi sarapannya penuh nutrisi dan vitamin, jadi gak bikin terlalu kenyang enak buat beraktivitas
  • Gak sakit perut lagi setelah sarapan. Yay! dan cakepnya lagi gak bloated alias perut kembung setelah makan.
  • Gak cepat lapar sehingga jadwal makan per hari lebih terkontrol. Sebelumnya, karena aku sarapan seadanya/gak sarapan maka sebelum jam makan siang udah keroncongan jadi makan siang nya terlalu banyak porsi nya dan makan malam suka lupa. Atau malah sebaliknya, sarapan terlalu banyak mengakibatkan makan siang di skip aja dan makan malam porsinya kayak kuli. Semua gak bagus toh? Dengan menu sarapan Budwig diet jadwal dan pola makan sangat terkontrol.

Biasanya buah segar yang aku pakai adalah jenis buah berry. Yah blueberry, blackberry (lihat foto), raspberry dan kadang juga aku pakai pisang atau apel. Kalau ada yang mau coba, silahkan ya aku sangat merekomendasikan diet ini. Dan sekali lagi, diet ini bukan untuk menurunkan berat badan loh ya tetapi lebih untuk hidup lebih sehat πŸ™‚ Selamat mencoba!

26 thoughts on “Hasil Dari Budwig Diet

    • iya Ai rasanya juga menurut aku juga enak kok. Yg paling penting flaxseed oil nya sama cottage cheese/yogurt klo menurut Budwig diet ini. Cobain aja deh selama 1-2 minggu pasti kerasa bgt beda nya di badan πŸ™‚

  1. Betul Pie, Muesli & Granola beli jadi itu gula isinya. Bikin orang jadi hyper. Bagus ya dietnya ini ngaruh ke kamu. Memang paling ngga enak itu kalo perut kembung.

    Menu makan malam favorit menurut Budwig diet apa Pie?

    • Gak ada menu makan malamnya mbak. Jadi ini kan sejarahnya diet yg dikembangkan buat orang yg menderita kanker ganas yg stadium akhir gt/penyakit kronis, nah konsepnya adalah minyak biji rami dan cottage cheese dicampur krn penting buat asam lemak yg ada di badan, yg bikin badan lesu dan lemah.

      asam lemak perlu sulfur yang mengandung asam amino untuk membawa oksigen ke sel, dan kanker tidak bisa tumbuh di sel yg penuh dengan oksigen. Nah itu kenapa minyak biji rami & cottage cheese/yogurt perlu dimakan di diet ini..

      Jadi ya kalau dinner dianjurkan dgn menu yg sama kayak sarapan atau gak makan sayuran yg di rebus atau sauerkraut. Aku sih belum sampe tingkat ini, cm sarapan dan snack aja aku ikutin Budwig diet nya πŸ™‚

    • flaxseed oil (minyak biji rami) mungkin agak susah ya non, bisa diganti sama olive oil yg murni yg buat salad(online di clubsehat.com mungkin ada). Kalo natural yogurt ada lah ya di supermarket. Sayang ya produk2 nya susah dicari disana, tp kalo mau coba yogurt+natural olive oil+kacang mede natural+cereal bisa juga. Bagusnya sarapan ini badan jd ga cepet lemes non, bagus klo ada keluhan tumor/kanker/asam lemak tinggi. Hahaha enak ya lontong! yuuumm. Kalo aku sarapan buah tok waahh sejam udah lapar dan kerucukan non πŸ™‚

      • kalo buah emang cepet lapar makanya sangu trus hehe. Nah si Matt nih yang sarapannya kan sekarang cuman oatmeal doang, pengen aku ganti2 yang laen supaya dia gak bosen. Kayaknya aku mau cari deh. Buatin postingan menu2 yang biasa kamu buat dong Pop, sambil aku cari2 nih bahan2nya hahaha *ngerepotin aja ya*

      • Kemarin uda coba pie tapi modifikasi sedikit dan ternyata perutku ga kuat sama rasa asemnya strawberry or greek yogurt, maagnya jd kambuh. Kayaknya musti cari cara lain untuk mengentaskan -duuh bahasanya- menghilangkan rasa asem itu..

      • Mungkin strawberry ya sedikit acid..walaupun sebenernya termasuk non-acidic fruit. Mungkin bisa kamu ganti dengan pisang atau apel ya shin? Greek yogurt termasuk netral, kalo di campur sma minyak biji rami (flaxseed oil) dijamin ga asam sama sekali. Soalnya sama ky kamu aku jg sensitive sm yg sedikit asam2 gitu tp aku ga pernah problem sama Greek yogurt. Kalo yogurt biasa aku pasti sakit perut krn aku intoleran sm laktosis.

  2. Pie, lagi pengen belajar ngatur makanan nih. Sayang badan kl yg masuk makanan2 enak berlemak terus. Huhuhu. Tapi bahannya susah dicari disni. Padahal liat fotonya aja ngiler kayaknya seger bener

    • Sebenernya Mar buat yg hidup di Indonesia lebih gampang lho hidup sehat. Di Indo bnyk sayuran, buah2an segar dan biji-bijian yg tumbuh manalah tahu tempe murah meriah..karena aku tinggal disini jd ya bahan2nya yg ada ya kayak gini, klo di Indo jd mahal ya.

      • Iya sih, cuma di Indo ini karna makanan ga sehat itu gampang juga didapet jadi seolah2 ga keliatan tuh yg sehat2 ya. Aku jadi makin semangat nyari resep buat makanan sehat.
        Kapan2 posting resep sarapan kamu donk pi ada apa aja, biar bs dicontoh. Keliatannya lumayan simple pagi2 gitu enak ga ribet nyiapinnya

      • Iya nih aku nanti kapan2 posting menu sarapan..Suka gak sempat klo pagi dan males moto2 gitu kalo pagi bawaannya ngantuk hahaha. Ga kayak Nadya Hutagalung waduh rajin bener update jus2 gitu ya. Thanks mar

Leave a Reply

