Museum Card

Pas Sinterklaas tahun kemarin kita berdua dikadoin Museumkaart sama mertua. Sebenarnya pilihannya ada dua, apakah kita mau dikadoin sm Sinterklaas (ahemm..mertua) abonemen bibliotheek selama setahun (baca: kartu anggota perpustakaan) atau Museumkaart? Nah J mau nya kartu anggota perpus karena punya nya di cancel 2 tahun yg lalu dan dia kan kutu buku banget, jadi dia kangen lama lama di perpus dan minjem minjem buku dr sana. Kalo aku mah udah jelas, pengennya kartu Museum lah..biar bisa bebas ke semua museum…Perpus sih oke cuma..emm, ada cuma nya nih.

Setelah di pikir-pikir, kalo kita milih kartu tahunan anggota perpustakaan kita nih slebor banget sama barang pinjeman dari perpus. Selalu telat ngembaliin buku karena malas jalan. Sudah berkali – kali kita bayar denda sampai 30 euro untuk beberapa buku. Parah banget. Nah karena udah pengalama sama perpus yaitu tekor mulu kalo minjem dari perpus (tapi dikarenakan salah kita sendiri yeee..)

Nah opsi yang kedua adalah Museumkaart; ini adalah free pass untuk mengunjungi ke lebih dari 400 museum di Belanda. Kartu ini sistem keanggotaannya dihitung per tahun. Per tahun diwajibkan membayar sebesar € 49,95 dan untuk remaja usia sampai dengan usia 18 tahun, cukup bayar € 25 saja per tahun. Dan bisa di perpanjang lagi setelah 1 tahun. Akhirnya kita pilih ini aja deh. Beberapa tahun yang lalu kita juga sempet punya kartu ini selama 2 tahun tapi akhirnya di cancel karena mau nabung wat kewong. Jadi semua pengeluaran yang jenisnya hura hura walaupun berguna musti diharamkan..cieehh..haram euy!

Buat yang suka ke museum dan tinggal di Belanda aku anjurin mending beli kartu museum tahunan ini deh. Lebih irit, ekonomis dan plus nya lagi bisa bikin tambah pinter. Kenapa irit? Iya soalnya di Belanda ya sistem nya gak kayak di negara-negara Eropa lainnya yang mau mana tiket masuk museum gratis. Disini lumayan mahal deh karena semenjak terjadi krisis ekonomi di EU, subsidi pemerintah untuk sektor budaya dikurangin (dan juga sektor-sektor lainnya), dan berakibat pihak museum harus cari akal untuk investasi sendiri agar pengunjung gak surut. Nah investasi ini gak kecil, akibatnya harga tiket museum pun jadi mahal. Buat gambaran kasar aja ya aku ambil tiket masuk museum di Amsterdam. Tiket masuk museum Van Gogh yang kondang itu per kepala adalah 15 euro. Tiket masuk Anne Frank House yang seuprit itu € 9 dan tiket masuk nya Rijksmuseum adalah € 15 belum kalo mau sewa alat/tur multimedia masih harus tambah sekitar € 5 lagi. Bayangin kalo kamu mau seharian ngunjungin museum-museum ini kamu harus nguras kocek sekitar € 39- € 45. Nah untuk Rijksmuseum, aku sih gak sanggup seharian ngublek disana jadi biasanya setengah hari aja udah cukup karena selain banyak banget koleksi nya, di dalem pun selaluuu aja rame sama pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Mahal kan?…hehehe…

museumkaart-700x210

Makanya aku bilang punya kartu ini tuh irit dan banyak manfaat nya. Kalo ke museum dengan menggunakan kartu ini, tiket masuknya gratis! Berhubung orang Belanda gak suka ke mall, hiburan mereka lebih banyak dihabiskan untuk jalan – jalan ke kota tetangga, bermain di alam bebas dan mengunjungi museum atau konser/opera/teater. Di tahun 2011 sendiri tercatat ada 18 juta pengunjung museum yang menggunakan Museumkaart. Di tahun 2012 jumlahnya sedikit menurun dikarenakan krisis ekonomi (jadi kita disini “terpaksa” untuk lebih berhemat dan hati – hati sama pengeluaran) yaitu sekitar 16,9 juta pengunjung. Itu belum termasuk turis loh ya, jadi jumlah pengunjung museum di Belanda tuh banyaakk! Sayang sekali di Indonesia belum seperti ini…kebanyakan orang masih lebih tertarik untuk mengunjungi mall dan kafe daripada ke museum. Tapi dapat dimaklumi karena museum di Indonesia gak terawat dan kondisi nya sangat memprihatinkan. Jadi mana ada orang yang tertarik coba? Beda sekali dengan kondisi museum di Belanda dan Eropa pada umumnya. Kondisi nya sangat terawat, disubsidi, banyak kegiatan dan disponsori baik oleh negara maupun swasta.

Dibawah ini adalah daftar museum di wilayah Amsterdam (maaf ya soalnya cari yang deket-deket aja dulu) yang paling banyak menarik pengunjung:

1. Van Gogh museum ; memamerkan tentu saja koleksi lukisan karya meneer Van Gogh 🙂

2. Anne Frank Huis ; rumah persembunyian Anne Frank.

3. Rijksmuseum ; museum kebanggaan rakyat Belanda disini dipamerkan semua lukisan jaman Golden Age.

4. Hermitage; museum ini romantis banget deket sama sungai Amstel dan bekerjasama dengan State Hermitage Museum di St. Petersburgh di Russia.

5. NEMO; bukan museum tapi lebih ke pusat ilmu pengetahuan. fun banget loh isinya penuh dengan aktivitas science yang asik asik.

6. Scheepvaartmuseum; museum maritim yang menyimpan banyak koleksi maritim negri Belanda dan juga replika kapal laut yang digunakan untuk menjelajahi dunia di abad ke 17

7. Stedelijk museum; museum yang memamerkan hasil karya seniman besar dengan gaya kontemporer dan klasik modern

8. Amsterdam Museum/Willey Holthuysen; museum ini menyimpan semua sejarah mengenai kota Amsterdam sampaiii ada ruangan kecil dadakan buat karaoke lagu-lagu khas Amsterdam

9. Het Rembrandthuis; rumahnya pelukis tersohor Rembrandt yg dulu dihuni selama 20 tahun kini dijadikan museum.

10. FOAM; museum fotografi dan seni . Satu gedung diisi oleh galeri, perpustakaan, kafe dan toko.

11. Tropenmuseum; museum ini menarik banget loh karena disini disimpan koleksi sejarah masa koloni Belanda di daerah koloni. Banyak sekali foto, bukti sejarah, tekstil dari Indonesia disimpan disini.

12. Koninklijk Paleis Amsterdam; istana kerajaan Belanda yang terletak di alun – alun kota. Dulunya dihuni oleh raja Louis Napoleon (kakanya Napoleon Bonaparte) ketika Perancis menduduki Belanda pada abad ke 18.

 

Sayangnya Museumkaart ini gak bisa dibeli oleh turis 😦 Jadi kalau mau pake Museumkaart ini ya at least kamu berdomisili di Belanda hehehe…Sampai sekarang kita belum “merawanin” kartu ini. Kayaknya minggu depan harus di pake nih, mumpung lagi gak banyak turis :p

Advertisements

25 thoughts on “Museum Card

  1. Wuah seru sekaliiii, sampe ada 400 museum??? Di stockholm cuma ada 87an kl gak salah, yg gretong cm bbrp 😔 kaya’nya perlu diadakan museum card juga deh disini 😣

  2. wuahhh, andaikan daku & suami tinggal di sana, udh pasti bakal beli nih museumkaart! 😀 very handy indeed! di Finland kyknya ga ada deh museum card (atau gue aja yg belom tau, haha…), padahal di sini juga ke semua museum mesti bayar, kira2 8-12€ per tiket org dewasa, tergantung museum apa. eh, emg di negara Eropa mana ya yg museumnya gratisan? *langsung nambahin ke daftar tujuan liburan* 😉

    and thanks for the museum info! kali berikutnya kita ke Amsterdam, bisa dipastiin suami gue bakalan ngajak ke Scheepvaartmuseum. ada museum alat transportasi/penerbangan ga, Pie? atau museum KLM? (LOL, ngarang abis deh.) suami gue pasti suka juga tuh. 😀

    btw Pie… di sini kartu perpus gratis loh. 🙂 waktu gue daftar bbrp taun lalu sampe bengong pas nanya bayar berapa per tahun & mas2nya jawab, “ini gratis kok. ga ditarik biaya sama skali.” kwaaakkk… dan asiknya juga kita bisa mesen buku/cd/dvd/blu-ray yg kita mau pinjem dulu lewat internet, trus tinggal ambil di perpus yg kita pilih (gratis juga), dan kembaliinnya juga boleh ke perpus yg mana aja. hihihi, i looooove our library system deh pokoknya!

    • Puni coba check link ini deh http://www.theguardian.com/travel/2014/jan/21/10-of-the-best-free-museums-in-europe

      setau gw kalo di negara eropa lain kayak yg pernah gw satroni; di Spanyol, Portugal, UK dan Yunani harga nya gak mahal..ga gratis semua sih cuma ada yg gratis dan kalo pun bayar ya gak semahal dimari … (yak betawi nya keluar) ! Museum alat transportasi gak ada sih ada nya museum tram, museum kereta : http://www.museumstoomtram.nl/en dan di amsterdam ada museum kecil buat tram gitu..bs naek tram jaman dulu muter2 sampe ke hutan trus balik lg ke amsterdam. pas summer deh puni cobain, lucu bgt en romantis euy.

      Hah perpus gratis?!! disini boro boro gratis… disini emang semua canggih canggih sistem perpus nya tp ya itu bayar..apalagi bayar denda nya..ih, pengeretan bgt. huhuhu 😦 beruntunglah dikau!!!

      • FYI, Di Utrecht ada Spoormuseum (Museum Kereta Api). Perpustakaan gratis untuk anak sampe umur 18 tahun. Di Perancis museum untuk pengunjung dibawah 25 tahun gratis. Tiap minggu pertama atau ketiga free entry untuk semua pengunjung. Di Spanyol juga gini cuma harus cek per museum ya.

        Oppie, Pernah ke Hermitage di Amstel? Bagus banget. Kapan kesini kita ke Openlucht Museum yuk, taman mininya londo, seru buat foto-fotonya.

  3. waa .. surga banget musiumnya ada 400, mesti dipakae maksimal deh itu museumcard nya, berlaku berapa tahun?

    krn tiket masuk museum yg mahal dan free time cuma sebentar akhirnya cuma bisa masuk Rijks aja (waktu itu dikurs jadi 120 ribu per orang) bandingin dgn masuk Museum Nasional di sini yg 5000, he..he.., akhirnya banyak teman yg nggak jadi masuk

    • berlaku selama 1 tahun kalo sudah habis bisa diperpanjang tapi bayar lagi Eur 49,95. Betul masuk Rijksmuseum memang mahal tp worth it! apalagi sekarang, karena sudah buka semua sayap gedung2nya. Tp ngerti sih memang kalau di kurs in Rp memang mahal banget ya.

    • Pameran dinasti Ming nya itu bagus mbak! Foam jg menarik hehehe. Yup, di Hermitage lg ada pameran Gauguin..aku suka Hermitage, kecil & romantis. Btw jgn minum/makan di cafe nya kalo boleh recommend, mahal nya atapiloohh!

      • Aku kalo ke Hermitage cuma ngopi direstonya 🙂 Aku suka disitu, rasanya seperti main kemansion besar, bukan museum. Jendelanya besar-besar jadi banyak natural light.

        Kunsthal & Booijmans van Beuningen museum di Rotterdam juga bagus banget Pie.

      • Bagus banget memang ya mbak cafe nya..cuma aku kapok bgt minum kopi dsana selalu aja bediening nya leleeett dan aku rasa overpriced bgt cafe nya. Aku belum pernah ke museum yg di Rotterdam mbak..bagus ya? Sip, next stop deh! 🙂

  4. Kartu Museumnya bisa dipakai juga di Escher Museum di Den Haag? Itu museum paling cool sedunia! Kecil, tapi saya bisa seharian di situ. Salam kenal 😀

    • Dengan kartu ini ga bisa gratis ke Escher swastika, harus bayar full. Museum ini belum bekerja sama dengan Museumkaart 🙂 Tapi aku dari dulu pengen bgt kesini belum kesampean .. iya, museum nya unik banget memang ya. Thanks udah mampir dan salam kenal juga! 🙂

  5. Kita demen juga tuh ke museum. Mau coba goggle deh abt museum card. Kayaknya disini ada juga. Yg jelas kita tau sih zoo membership; krn kemaren ini pas temennya misoa yg dari Memphis datang mereka cerita kalau mrk tuh join zoo membership jadi bisa ke bbrp zoos gratis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s