Budwig Diet

Menyambung postingan sebelumnya tentang kesehatan nih ya pembaca yang budiman (euleuuhh majalah Kartini bener), aku sekarang mau nge-post tentang menu sarapan yang dianjurkan oleh terapis homeopati. Maaf ya di postingan sebelumnya aku nyebut dokter homeopatis tapi ternyata eh ternyata disini mereka disebutnya terapis dan bukan dokter walaupun udah tamat kuliah medis homeopati. Oiya, buat yang gak suka sama postingan sehat monggo di skip aja daripada manyun. Hihihi.

Jadi sarapan yang dianjurkan terapis untuk meningkatkan daya tahan tubuh aku adalah Budwig diet. Apa sih itu Budwig diet? Ini diet bukan sembarang diet…Gak ada deh takaran irit di diet ini dan bukan untuk kurus jadi sekali lagi aku verifikasi kalau diet ini buat sehat bukan untuk menguruskan badan yah. Jadi diet ini dikembangkan oleh ibu Johanna Budwig, seorang bio-teknikus asal Jerman pada tahun 1952. Diet Budwig kaya akan vitamin dan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Apa saja sih bahan yang digunakan di diet ini? Intinya sih minyak biji rami, dicampur dengan cottage cheese (HΓΌttenkΓ€se) atau quark dan makanan yang mengandung berserat tinggi yang biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Diet ini menghindari gula, lemak hewani, minyak salad, daging, mentega, dan terutama margarin.

Jadi, bahan pokok yang digunakan dalam diet ini adalah:

  • Quark atau cottage cheese. Bisa juga di ganti dengan soya yogurt atau Greek yogurt (atau disebut juga Strained yogurt) untuk yang intoleran dengan laktosis seperti aku.
  • Minyak biji rami (Eng: flaxseeds oil; Belanda: Lijnzaad olie) atau bisa juga menggunakan minyak Omega 3-6-9
  • Biji-bijian kering; seperti flaxseeds/biji rami, chia seeds, sunflower seeds (biji kuaci), biji labu yang sudah dikeringkan.
  • Segenggam buah segar seperti pisang, berries, buah Tin atau buah Ara (bahasa Inggris:fig), kurma…apa aja boleh tapi jangan terlalu banyak, segenggam sudah cukup.
  • Kacang-kacangan; hampir semua jenis kacang yang tidak diasinkan seperti kacang almond dan kacang mede natural. BUKAN kacang biasa atau kacang tanah.
  • Pemanis natural, seperti madu dan maple syrup. Ingat: pemanis disini bukan gula, gula adalah pantangan terbesar dalam Budwig diet. Kalau aku pilih Maple Syrup (Belanda: Ahornsiroop) tapi kamu juga bisa pilih madu organik.

Selain itu aku minum beberapa supplemen untuk meningkatkan fungsi liver dan meningkatkan daya tubuh. Aku sejak datang ke Belanda cepat jatuh sakit karena gak tahan sama cuaca, tapi sebenarnya memang kondisi fisik aku gak sebelum datang ke Belanda saja sakit – sakitan dan memang sih kalau di cek sejarah medis, aku ini memang tukang penyakitan (huhuhu)…Jadi, memang harus mengkonsumsi supplemen, vitamin dan olahraga untuk terus fit. Dan terapis homeopatis juga menyelipkan catatan untuk aku agar teratur makan grapefruit untuk liver. Ternyata grapefruit itu bagus loh untuk membantu membakar lemak, menurunkan kadar kolesterol dan membersihkan liver. Katanya juga sih bagus banget untuk mencegah sakit kanker πŸ™‚ Heel mooi!

Akhirnya hari Senin, aku dan J pergi belanja bareng ke supermarket organik di deket kantor (EkoPlaza) untuk membeli bahan – bahan yang mau kita gunakan untuk sarapan. EkoPlaza adalah supermarket yang menjual bahan makanan seperti semua jenis superfoods, kebutuhan rumah tangga, vitamin dan make up organik dan sehat. Dan tentu aja harganya lebih mahal daripada supermarket biasa…*keselek*Β  Karena semua yang dijual di supermarket ini semuanya organik tanpa kandungan pestisida dll. Ya udah ya sayang seminggu ini kita makan malem pake telor dadar aja sama goji berries hihihi. Make up yang dijual juga banyak loh, aku kalo beli produk Dr. Hauschka disini, ada juga beberapa merek lainnya kok sama bagusnya πŸ™‚ Dibawah ini adalah foto bahan pangan yang dibeli, antara lain:

IMG_20130827_090119

IMG_20130827_085740

Walnuts (natural)

Quark, soya yogurt dan yogurt biasa buat J yang ga intoleran sama laktosis πŸ™‚ .. Gak ada foto nya karena males ngubek ngubek kulkas hihihi.

IMG_20130827_085628

Cereals

IMG_20130827_085648

Bermacam – macam biji gandum/grains. Millet flakes kalau ditranslate jadi jawawut (?), dedak gandum (tarwezemelen), dan wheat germs (semacam gandum gitu lah…bingung translate nya). Walaupun aku sedikit intolerant dengan produk gandum tapi mengkonsumsi biji gandum ini malah enggak apa apa loh, mungkin karena produk organik dan bukan produk olahan yang sudah dicampur dengan bermacam-macam bahan pengawet dan gula.

IMG_20130827_085948

Flaxseeds oil (minyak biji rami), dan maple syrup sebagai pengganti gula

Cara untuk membuat sarapan adalah, seperti berikut:

  • Siapkan 100 gram Greek yogurt/quark/cottage cheese (dairy ini bagus buat pergantian sel) plus 2 sdm minyak flaxseeds.
  • Campur dengan biji kering (aku pake sunflower seeds dan diseling sama chia seeds), buah (aku seminggu ini pake blueberries, apel dan goji berries) juga jangan lupa menambahkan grains (aku pakai millet, miller’s bran, wheat germs..diselang-seling aja). Grains ini bagus banget untuk membantu lancarnya pencernaan dan masalah buang air.
  • Kalo gak punya bisa juga wijen di sangrai sebentar aja…wijen ini superfood juga loh πŸ™‚
  • Oiya kalau gak punya flaxseeds karena emang ni minyak rada susah dicari di supermarket biasa. Bisa juga diganti dengan tarwekiemolie (bahasa Inggrisnya wheat germs oil). Atau pakai olive oil juga bisa tapi yang organik ya.

Kalau yang di Indonesia bisa cek clubsehat.com kata Mbak Kiky. Aku cek kesana memang banyak banget pilihannya dan memang harganya bikin keselek tapi dimana-mana makanan sehat dan organik tuh mahal. Disini pun sama mahal nya.. belanja segitu aja sama dengan budget belanja seminggu di supermarket biasa 😦 Makanya untuk seterusnya kita mau beli bahannya ke farm market aja karena harganya juga lebih murah bok. Kemaren kan kita gak tau kalau habisnya bakal segitu..hahaha. Demi sehat ya cyiiinnt. Nah, vitamin dan supplemen yang aku konsumsi adalah sebagai berikut, siapa tau yang punya masalah sama liver, vitalitas dan masalah pencernaan (kram, diare, kembung) dan stamina yang kurang bagus bisa ikutan coba yah. Ini dapet resep juga dari terapis nya langsung jadi bukan mengada-ada:

IMG_20130827_085854

Floradix Elixir ini bagus banget buat perempuan karena perempuan butuh lebih banyak zat besi daripada laki-laki. Apalagi ketika sedang haid, kebutuhan zat besi tuh penting banget buat ningkatin pembentukan sel darah merah. Kalo gak cukup zat besi biasanya kita jadi sering capek dan lesu. Selain itu di elixir ini mengandung juga vitamin C yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C dan B12 untuk fungsi normal dari sistem kekebalan tubuh.

IMG_20130827_085821-1

Multi-Vitamin khusus buat perempuan, untuk membantu kelancaran haid dan mengurangi problem semasa haid juga bagus buat kuku+rambut+kulit. Aku termasuk perempuan yang kalau haid pasti njerit-njerit nahan kram. Ampun deh bisa loh sehari gak masuk kantor kalau sedang datang bulan!

IMG_20130827_085720

Probiotik. Nah sebenarnya kita berdua sering mengkonsumsi probiotik cuma karena ini resep langsung jadi bikin kita gak males malesan deh πŸ™‚ Probiotik bagus untuk menyeimbangkan kadar flora usus..kayak Yakult gitu deh cuma tentunya lebih eksklusif dan lebih sehat. Aku minum ini karena sering banget bloated, sakit perut gak jelas, diare dan kram kalo abis makan nasi atau pasta…pokoknya sensitif lah perutnya. Probiotik juga bagus dikonsumsi untuk orang yang lactose intolerant kayak aku gini πŸ˜€ jadi bisa lebih kuat kalo mengkonsumsi produk yg mengandung laktosis.

Seneng deh ternyata banyak dari bahan-bahan makanan yang dianjurkan terapis homeopatis ini sudah ada yang kita terapin sehari hari sebelumnya, seperti yogurt dan kacang-kacangan, grains, dan probiotik. Kita tuh masalahnya adalah: GAK KONSISTEN kakaaakkk!!! Sebulan lebih kita giat minum smoothie dan jus buah, eh udah abis itu malas. Dua minggu detox dengan gak makan gula sama sekali+gak makan karbohidrat (cuma makan clean food) tapi bulan berikutnya bubar jalan, trus pernah juga detox lain – lainnya lagi dengan menggunakan wheat germs oil (sumpah ini bagus banget rambut dan kulit!) dan jus cranberry (bagus buat ginjal, liver dan kantung kemih). Semua itu karena suami sih sebenernya dia lebih ngerti tapi yah kesananya males dan sibuk….Pfffhh. Tapi dari semua yang kita sudah jalanin kita ngerasain manfaatnya banget deh, jadi lebih fit dan enerjik. Pikiran juga lebih fokus dan enteng lah badannya. None of these diets kita lakuin untuk nurunin berat badan, pure buat hidup sehat aja karena banyak banget racun di tubuh aku dari makanan gak sehat dan bahan makanan yang aku konsumsi sehari-hari yang banyak mengandung bahan pengawet dsb. Bukan ikut-ikutan trend gitu. Aku udah muak banget sama keluhan – keluhan di badan yang idealnya dengan diet ini bisa ilang lah. Duh semoga aja program hidup sehat kali ini lancar dan stabil. Terlalu sering mulai sesuatu buat hidup lebih sehat tapi keseringan putus di jalan dan kali ini aku bener-bener NIAT 150% buat jadiin lifestyle…aminn…Bukan berarti aku gak lepas makan nasi dan yang santen santen kok (haloo rendang, opor ayam, gulai???) Kalo pengen banget ya mending makan asal with moderation aja dan gak sering.

Pfiuh, jadi panjang ya uraian diet kali ini hehehe. Sebulan lagi akan aku update deh gimana hasilnya ya πŸ™‚ Oiya, ada yang diet kayak gini gak? Atau ada yang pernah coba diet Budwig??? Bagi bagi dong pengalamannya πŸ˜€ πŸ˜€ Trus manfaat apa aja yang didapat?

Thanks yaaa udah baca sampai habis..hoshhh hossshh! :p

26 thoughts on “Budwig Diet

  1. hi cin..

    Betul kata kamu op, baca tulisan kamu ini pakai tenaga extra haha.
    cos buanya buanget yang asing malah aku ngak ngeti ama barang barangnya ( ngaku aja kalau katrok ha ha ).
    Maybe di indo agak ribet dah cr_nya tp untung kamu rekomen tmp mba kiki tadi.
    wah ini br bener mau diet sehat tapi sulit. kalau aku nasi aku ganti oat kalau teman teman bilang kaya makanan bebek maklum nasi masih menjadi primadona di sini.

    semangat ya op buat kesehatan..

    • Makasih ya, iya memang diet menggunakan bahan pangan seperti di atas kurang lazim tapi sebenernya banyak juga loh yang udah menerapkannya. Sayang masih belum begitu populer. Nasi emang nomer wahid di Indo ya Ria, susah gantinya kalau dari lahir udah makan nasi πŸ™‚ Biar makan kayak bebek tapi yg penting sehat!

  2. Mmmm… diet? Belum pernah coba saya, …. πŸ™‚ tp sepertinya agak ribet ya? Hehehe πŸ™‚ wajar sih sebenarnya klo hasilnya juga mantap…. hehe πŸ™‚

    Keep dieting…. πŸ™‚

  3. Pop, itu makanan2 susah ddidapet dimedan 😦 dan emang mahal banget ya kan ya huhuhu. aku rada2 ikut FC, beli buah2 aja udah mahal hiks. kenapa sih mauuu sehat mesti bokek???
    btw…….kamu sakit juga ya pas mens, sama dong. aku pasti makan pain killer sangking gak tahannya

    • Oiya kamu masih FC gak non? memang sehat itu mahal tapi…sakit lebih mahal lagi. Betul banget, makanan sehat itu mahal banget terlalu banyak bahan pangan produksi massal yang udah terkontaminasi sm zat2 tambahan yg ga sehat/processed food…itu lah yg murah. Sedih sih masa standar bahan pangan semakin lama semakin turun drastis..Jadinya bahan pangan sehat tuh ekslusif bgt dan mahal 😦 😦 Wah jgn ditanya non kalau datang bulan aku lemes bgt dan kram perut tingkat dewa!

      • masih FC pop tapi banyakan cheatingnya hahaha. trus aku mau nyoba ngejuice sayur + buah nih. masih gak ngerti sih caranya tapi kemaren beli2 sayur + buah2nya dong, ya ampunnn belanja segitu aja udah lumayan banget untuk kantong huhuhu. itu belon yang biji kacang2 yang namanya aja aneh ya hahahaha.

        trus kalo sakit kamu apain itu pas mens? aku baru dikirimin temen si matt obat mens ibuprofen ( ini nulisnya bener gak ya) tapi belo sempat nyoba sih.

  4. aku gak diet ini, tapi sama dokter (ahli gizi bisa dibilang dokter ngga sih) disuruh mengkonsumsi beberapa hal seperti yg kamu tulis di atas (probiotik, minyak biji rami). itu sampek harus belinya di amazon karena di indonesia bingung cari dimana. nggak ngerti kalo ada clubsehat sampe baca disini

    • Bagus ya produk2 itu? udah ada perubahan belum setelah mengkonsumsi itu? Iya aku juga tau dari mbak Kiky ttg clubsehat.com itu, lain kali jadi tinggal beli online aja deh πŸ™‚

  5. Wow, banyak info baru Pie. Makasih ya udah sharing disini. Gw suka memang quark, kandungan lemaknya lebih sedikit dari yoghurt tapi rasa sama segernya. Sepertinya gw harus coba lebih sering makan kacang-kacangan seperti didaftar diatas. Dan pastinya akan coba lijnzaadolie. Baca-baca info online lijnzaadolie ini bisa merendahkan kadar kolesterol. Memang mau sehat harus banyak usaha ya. Good luck dietnya!

    • Sama sama mbak..iya ini memang gak asing krn ibu mertua dari dulu berkoar koar nyuruh aku makan ini itu tp aku anaknya ndableg sih baru deh dikasi tau terapis gini br mau denger. Quark memang lebih “friendly” sih kandungan vet nya drpd yogurt. Beli noten mix gt juga bagus buat tussendoortjes. Aku pribadi malah suka sm rasa nya si lijnzaad olie ini tp J malah gak :p Iya, mau start sama hidup sehat dari skrg semoga aja lancar yah. Thanks mba yoyen semoga bermanfaat ya postingan ini πŸ™‚

  6. Aku mau beli ahornsiroop aja kalau gitu buat ngeganti gula. Baru tahu, *kemana aja neng* Btw thank infonya. Krn aku nggak begitu doyan ama chiazaad jdnya tak bikin kecambah (kiemen) trus dicampur di sla *niat amat* Kalau suamiku sih chiazaad dicampur gitu aja sama yofu (soy yoghurt) + blauwe bessen. dr hauschka aku cuma pake dagcream aja (asline ndak bisa pake make up) gr2 keukeh pengen kosmetik yg proefdiervrij. Jangan menyerah ya, tak tunggu posting cerita suksesnya menerapkan hidup sehat.

    • ahoornsiroop lumayan buat ganti gula non rasanya lumayan manis dan sehat. hah kamu bikin jadi kecambah dr chia seeds? haha aku malah ga pernah kepikir loh. chia seeds gt gada rasanya kok aku makan ajah ga terasa :p Iya kalo liat online sebenernya bnyk jualan proefdiervrij make up, tp dr. hauschka aku udah pake lama jd males ganti ganti sih..udah cocok nanti klo ganti malah jerawatan πŸ˜› Bedankt ya, semoga sukses ini menerapkan hidup sehat nya ^^

  7. Alamaaaak….! Pengen deh menerapkan gaya makan sehat seperti yang tertulis diatas ini, cumaaaa masalahnya kedisplinan itu aku kan masih ababil … hahahaha … Dan memang bahan2 organiknya mihil2 amat 😦

    • eh sorry baru liat komen kamu cha. Iya memang bahan sarapan/makanan organik sedikit lebih mahal daripada sarapan biasa. Cuma, memang lebih terasa efek nya cha, jadi lebih enerjik & asupan gizi dan nutrisi lebih terjaga. Aku jg masih belajar iniiii kadang juga agak malas cuma kalo inget rasanya sakit perut dll besokannya pasti jd rajin lagi hehehe

  8. Pingback: Say Hello to 2014 | Bucket of Cherries

  9. Pingback: Hasil Dari Budwig Diet | Bucket of Cherries

Leave a Reply

