Sehat Itu Penting Banget

Hari ini dapet scheme dari homeopathy dokter tentang nutrisi dan supplemen apa aja yang aku butuhkan untuk membuat liver aku kembali sehat, karena beberapa tahun lalu aku sempat sakit dimana liver aku diserang dan menimbulkan keluhan seperti cepat capek dan cepet banget jatuh sakit. Sebalnya kalau bilang liver nya sakit pasti deh dikira nya ” suka minum ” ya? atau malas olahraga. Ih cetek banget sih…Padahal problem nya disebabkan oleh liver yang sakit oleh virus, sehingga selalu aku gampang kecapekan dan walaupun olahraga ringan aja bisa menyebabkan aku cepat capek dan langsung jatuh sakit, dan ini bisa berminggu minggu lama nya baru sembuh. Selain itu dokter juga kasih advice supaya aku sarapan dengan beberapa bahan makanan yang kaya akan nutrisi karena kalau dilihat sarapan aku kurang konsisten. Padahal ya menurut aku mah udah lumayan hahaha! (suka makan oatmeal sama buah atau gak muesli sama yoghurt, tapi kalo telat ngantor ya dadah aja & ujung2nya cuma minum secangkir espresso). Semua resep dari dokter ini dari bahan alami dan udah disesuaikan dengan alergi yang aku punya…Aku ini lactose-intolerant dan alergi ringan sama gandum. Kalau konsumsi gandum (contoh: roti, mi, pasta, dll) jadi suka kembung dan sakit perut. Belum lagi jadi maaf suka kentut..hehehe :p Problem ini gak bagus buat kesehatan untuk jangka panjang karena sistem pencernaan dipaksa untuk kerja padahal udah jelas jelas pencernaan nya protes ! Jadi selama ini kalo aku emang harus makan roti aku pilih yang terbuat dari spelt karena lebih gampang dicerna. Dan kata dokternya lebih gampang lagi kalo aku beli roti yang terbuat dari sourdough. Hmm, sering kepikiran sih cuma keseringannya itu sourdough cepet banget abisnya di tukang roti di bawah apartemen 😦

Sour_dough_loaves03

picture is borrowed from here

Tadinya sih aku gak gitu merhatiin kalau aku ini ga bisa makan gandum dan ga bisa minum susu dan produk susu, soalnya dasarnya orang Indonesia tuh suka acuh gak acuh sama masalah kesehatan. Setelah beberapa lama cek dan ricek baru deh ketahuan, hmm..ini toh culprit nya yang bikin aku kram perutnya, kembung dan suka diare atau mual. Terus terang aku ini dulu gak gitu pinter sama masalah kesehatan malah cenderung ignorant karena gak dibiasain dari rumah…Sakit dikit aja langsung dikerokin atau gak minum obat atau paracetamol lah.

Beda sama suami aku, walaupun dia tukang ngemil dan suka banget makan permen dia sebenarnya dibesarin dari keluarga yang amat sangat sehat gaya hidupnya dan ibu mertua aku ini pengetahuan nya luas, baik pengetahuan klinis maupun homeopathy. Jadi  mereka sudah ngakar banget deh gaya hidup sehat dan serba natural nya. Jadi si tukang ngemil ini lebih pinter kalau urusan vitamin atau kalau ada keluhan fisik, diajarin sama dia kalau itu kadang bisa dari psikologis dan gimana cara menanggulanginnya. Ironis ya hahaha. Tadinya reaksi aku ; ih gak percaya aahh!!! Tapi bener loh, contoh aja nih ya kalau perut aku tiba tiba berulah padahal gak makan yang aneh aneh itu bisa berarti aku stress sama sesuatu atau aku gak sadar takut sama sesuatu dan kamu mencoba untuk menutupi nya. Pokoknya badan tuh gak bisa bohong! Dari beberapa kejadian aku jadi lebih mendengarkan komplain dari badan sendiri. Lumayan deh sekarang udah ngerti sama masalah kesehatan dan tumbuh-tumbuhan yang bagus buat ngatasin masalah kesehatan. Darimana? Ehmm, belajar dari pengalaman sendiri selama bertahun-tahun, baca buku, aku juga rajin banget tanya ibu mertua. Tetep ya bok, ibu mertua lagiiii…sukurrr punya ibu mertua pinter lol.

Selain advice tentang nutrisi dan vitamin yang aku butuhkan dan bikin stamina aku lebih kuat, aku juga di pijet 🙂 Enaaakk banget mamaaahh. Pijet nya bukan urut gitu sih, tapi lebih ke ngelemesin otot pundak dan bahu supaya lebih rileks…ampe ketiduran saking enaknya hehehe. Abis dipijet langsung ngerasa abis minum 3 gelas Extra joss! hahaha. Untungnya di Belanda, pengobatan alternatif sekarang di cover sama asuransi kesehatan. Walau gak 100% (asuransi aku nge-cover 80% dari 400 euro biaya pengobatan dan konsultasi). Jadi walaupun rada mahal tapi duit seenggaknya balik lah 😀 Lagian kesehatan kan lebih penting ya kan?

Aku sebenarnya gak sakit terminal atau gimana ya, cuma nyadar aja kalo semakin tua jadi semakin aware sama masalah kesehatan. Jadi bukan cuma ikut – ikutan trend aja, tapi emang badan ini butuh banget asupan makanan alami dan karena jaman sekarang tuh makanan udah gak jelas banget asalnya darimana dan kandungannya apa, jadi di usia yang hampir kepala 3 ini (3 bulan lagiiihh!) udah layaknya untuk extra aware sama makanan yang dikonsumsi deh. Aku suka sebel sama suami yang kadang ngumpet – ngumpet beli manisan, coklat susu atau permen karena ih ini anak ga ada takarannya banget kalo udah sama yang manis manis. Boleh sih makan coklat tapi mending yang raw cocoa gitu atau gak yang 80% cocoa deh..sehat malah. Tapi yah, aku juga ga sehat sih masiiihh aja minum kopi :/ tapi untung aku gak suka yg manis manis. Addicted..susah banget, kayaknya hidup hampa banget tanpa kopi. Minum green tea lumayan sih bisa ngurangin konsumsi kopi. Dan nasi atau pasta untuk sementara diganti sama millet, quinoa dan nasi merah. Kalau emang pengen banget pasta ya kita pilih yang whole-wheat. Banyak lah pilihannya, dibuat gampang ajah. Lucu juga sebenarnya aku udah sedikit banyak mempraktekan apa yang dikasih sama dokter cuma kayaknya emang musti ada bimbingan langsung supaya lebih terarah deh. Harapannya dengan bimbingan dokter ini aku jadi lebih sehat pola makan dan cencu nya jadi ga penyakitan dan fit terus.

Living-food-lifestyle-Holistic-Nutrition-Consulting

source:http://sacredsourcenutrition.com/services/holistic-nutrition-consulting/#

Kalau kalian, ada gak yang ingin kalian ubah dari pola makan atau pola hidup kalian sekarang? Bagi bagi cerita nya ya 🙂

29 thoughts on “Sehat Itu Penting Banget

  1. sebenernya sih belum ada pola yang pengen diubah, cuma ngerasa aja pas puasa kemarin lebih teratur pola makannya, dan itu berdampak sama normalnya kembali berat badan aku.. 🙂

  2. Olahraga sekarang gw banyakin porsinya. Jemput keponakan di sekolah atau beli kentang di supetmarket aja gw naik sepeda sekarang hahaha
    Bintaro neighborhood-nya lumayan nyaman.
    Biar gw stabil gendut SPT/SGOT gw udah normal …
    Kalo makan ngga jajan sembarangan lagi sih…itu dulu sih..masih tetep suka nasi padang + rendang 😀

    • salut deh buat program running nya..disiplin banget ya! beberapa sektor di bintaro emang nyaman udah kayak kota independen gt kan ky. Eh tapi tanggapan orang tuh salah loh kalo kurus itu sehat .. GA BANGET. Karena banyak banget ya kurus tp kolesterol tinggi, atau kurus tp malnutrisi dst dst. Jadi bentuk tubuh bukan ukuran banget buat kesehatan. Ya toh?

  3. hi nov..

    jujur aku ngak ada tip kusus cos aku juga masalah ama pencernaan.
    yang penting aku mah minum air putih, sakit pun aku paling anti minum obat kalau mau kena flu aku paling banter makan pepaya ( murah meriah )
    aku juga kena masalah ama liver so biar liver ngak terlalu kerja extra he he..
    untung juga aku jarang minum kopi ma teh..
    aku sering minum susu kedelai habis kalau sapi badan aku bisa bengkak hahahaha.

    • Hi ria gimana bisa ngirim email nya? 🙂 Iya memang gak bagus minum obat terus, badan diracunin terus. aku juga suka bgt minum susu kedelai (karena suka muntah/diare minum susus sapi) Belakangan ini selain minum susu kedelai, susu almond juga enak banget loh dan sehat.

      • susu almond keliatanya enak, tp
        di yogya belum pernah dengar
        jadi mau hehehe..
        aku coba kirim email ke kamu
        tapi tidak kekirim.
        bagi alamat email kamu nov and
        email aku
        RIANAMAKU@GMAIL.COM
        kalau ada curhat curhat asyik,
        aku juga berteman ma neyla..
         Reply

  4. Pop, aku udh bisa skr gak mkn nasi. Cuman ya itu skr begitu mkn nasi or mie jd serinh kembung n kentut hihi. Kemaren ikut2an FC cumaaaaan keseringan cheating nih gegara ikutan matt hihi. Pengennya FC lg dan olahraga ringan. Bte mauuu dong info2 ilmu dr nyokap mertua

    • Iya non kalau udah gak makan karbo dimakanin lagi jadi terasa gimana beratnya karbohidrat ke badan (jadi mules dan kentut) hihihi. Info dari ibu buanyakk gak mungkin di posting satu kali di blog. Nanti ya mungkin dikit dikit ditulis kalo ada kejadian yg relevan gitu.

  5. sama kayak mba Noni aku juga pernah nyobain FC, tapi gak makan nasi bikin aku sering masuk angin. Jadinya sekarang tetep makan nasi tapi ganti merah dan banyakin buah + sayuran. Sama kemaren sempet liat artikel tentang infused water, jadi pengen nyoba juga.

    Olahraga sekarang juga diusahakan rutin, dengan memaksakan diri gabung di sebuah club. Soalnya kalo gak gitu, olahraganya males-malesan

    semoga kita semua sehat terus ya mba 😀

    • sama dit, aku juga baru nemu artikel tentang infused water dan jadi pengen coba juga. kalo FC aku belum nyobain, sekarang pelan-pelan ngurangin makan nasi hehe.

      kalo aku lagi ngubah pola makan mbak, soalnya sekarang2 ini aku jadi sering jerawatan karena segala dimakan, berat badan juga semakin bertambah aja, takut kolesterol. kerasa susah sih, masih suka kecolongan hehe. tapi pelan-pelan tetap dicoba deh 😀

    • mungkin jgn drastis lgsg gak makan nasi samsek, coba dikurangin dikit demi sedikit sampai akhirnya gak makan nasi. Nasi merah emang bagus banget ya? Iya semoga kita semua sehat terussss!!

  6. Ebuset, sekali dateng 400 EUR?!!! (and I complained about my medical bills?) gokil, mahal yah pie!
    Tapi dari ceritamu bisa kebayang pijetannya enak kayaknya.
    Baca ini gue jadi sadar, tiap gue makan gandum juga rasanya perut kembung nih. Hmm, tapi disini rada susah cari alternatif gandum. Hiks.

    • enggak May, maksud nya budget dari asuransi itu 400 euro untuk dicover nya. Per besuk/konsultasi sih paling 65-100 euro per jam. Tapi untuk problem kaya gw gini udah ada plan nya, jadi kira2x 5 kali konsultasi yang dibutuhin supaya semua problem kesehatan gw solved. Iya tuh gara2 itu gw kurangin aja konsumsi gandum. Soalnya disini juga banyak orang yg alergi gandum May jadi banyak opsi lainnya.

  7. Pola makan yg diubah, yg biasanya lauknya daging merah, jadi sedikit demi sedikit dikurangi. Perbanyak makan buah dan sayur. Suamiku dulu rajin banget tiap kunjungi pasien2nya dikasih yg manis-manis, permen, coklat dia santap semua. Pas berhenti ga makan yg manis2 lagi, bisa dia turun 4 kg dlm 2 bln.

    • Wah, bisa 4kg dlm 2 bulan hanya dengan gak makan manis? hihi…cool. Iya aku sendiri udah jarang makan daging merah walau masih makan kadang2x karena daging merah bagus buat badan asal jangan sering bgt.

      • Trus Pie klo minum kopi kan pakai gula tuh, 1 cangkir 2 gulanya (yg kotak2), pdhl kan disini orang2 ngopi bisa lebih 3 cangkir/perhari. Belum lagi soft drink. Gile deh gula ambil peranan penting meningkatkan berat badan 😀 . Oo daging merah berarti masih perlu ya, sipp.

  8. Wah bagus Pie ( i call you pie ja?) nerapin pola makan sehat. Aku mau nurunin berat badan sama ngurangin makan manis aja susah. Lah kl pauze camilannya aja ontbijtkoek. Serasa nggak lengkap kalau nge-teh tanpa yg manis2.

    • Kalau aku makan manis untungnya udah berkurang krn emang jg ga suka manis2 kecuali red velvet cake..adoohh!! hahaha. Ini juga aku masih dalam tahap belajar kok noni, karena apa yg aku anggap sehat dulu tnyata ga tepat sasaran makanya minta bimbingan dari profesional 🙂

  9. Waa Oppie,
    Lactose intolerant & alergi gluten? Lastig tapi bagusnya sekarang di Belanda semakin banyak pilihannya ya walaupun masih kalah sama Jerman. Pola hidup sehat gw jalani sejak punya anak, running, naik sepeda kekantor tiap hari, jaga makan. Dan sejak 5 tahun ini gw mengurangi asupan karbohidrat dan yang manis-manis (minum teh tanpa gula, ada yang ultah di kantor ngga makan taart traktirannya) sih walaupun agak susah karena kan gw suka masak. Tapi ya dikompensasi lah. Gw ngga diet tapi pake sistem balans. Kalo hari ini kebanyakan gula, ya 2 hari kedepan ngga.

    Jadi sekarang minum susu apa dong, kedele? Ada susu almond juga, rasanya enak. Sterkte ya Pie. Mudah-mudahan livernya kuat lagi. Kalo nanti kita nom nom di Korean resto kita ngga usah banyak makan nasi yah 🙂 See you soon….

    • Iya deh mbak kayaknya dengan ada nya anak bikin orang jg lebih disiplin dengan pola makan ya? temen2 dan kolega aku rata2 begitu karena pengen yg terbaik buat keluarga jg kasih contoh yg bagus buat anak..oh oh apakah musti punya anak dulu ya hihihi :p Buat taart dan yg manis manis juga aku extra opletten walo kadang jg suka khilaf, dan masih belajar buat sistem balans kayak mbak yoyen gitu. Tul, di Jerman lebih banyak produk gluten free dll tp skrg aku liat disini jg udah lumayan deh walau ya harga nya masih bikin keselek.

      Wah setiap hari naek sepeda? Aku mah payah, naek tram kalo ngantor kadang2 aja kalo lg ga males naek sepeda padahal cuma 8 kilometer (16km PP) dari rumah..pemalas! Sekarang aku minum susu kedele, lactose vrij atau almond 🙂

Leave a Reply

