Fenomena Ditinggal PRT

Pokoknya wayah nya akhir bulan puasa sama abis lebaran itu, pastiii cerita tentang fenomena ditinggal mudik sama si embak memenuhi timeline pergosipan (baca: Facebook dan twitter, walopun saya gak punya facebook lagi tp dulu saya fesbuker akut <–tema ini akan dijabarkan lebih dalam di postingan bulan depan). Pas dulu tinggal sama ortu kita punya 2 embak, 1 live in dan 1 lagi live out karena tinggal sesekitaran situ juga. Mbak yang live out ngurus cucian dan setrikaan, sedangkan yg satunya lagi yaa non-cucian dan setrikaan. Kalo ditinggal sama 2 mbak ini otomatis kita-kita bantuin emak yang jejumpalitan (maaf saya dari  Jakarta perbatesan sama wilayah Banten jadi yah logat kecampur sama Betawi dan Sunda) masak, nyetrika dan nyuci. Bapak saya ketiban tugas yang berat-berat, kaya angkat beton, manggul sapi, hehehe..maksudnya berat tuh ya kayak bersihin kebon secara kita ada kebon yang isinya pohon-pohon gak jelas yang ga pasti berbuah tapi so pasti bikin kotor. Buang sampah, dan nguras bak mandi belakang, nyikatin WC dan ngurasin kolam ikan lele di kebon (hardcore ga tuh!) Anak-anaknya kecipratan buat ngurusin isi rumah, kayak ngepel, nyapu, bebersih kayak ngelap-ngelap koleksi guci cina emak, nyiram tanaman dan abis itu ongkang-ongkang kaki / duduk manis depan TV nyimak infotainment sambil nyeka keringet kecut seharian kerja (gak edukatif banget ya).

Intinya, kita ngerasain gimana rasanya ditinggal sama mbak. Capek. Itu tuh yang dirasain si mbak kalo dia saban hari kerja, belum lagi pertarungan hati karena jujur aja emak saya itu orangnya naujubilaaahh bawel!!! Saya aja yang anaknya kadang nyolot-nyolotan sambil banting piring (yang terakhir cuma hiperbola karena saya takut ma doski bok, dedemit aja kalah serem). Pokoknya, tugas seorang PRT tuuuuhhh beraaaatt! Udah gitu digaji nya cuma 700 rebu perak (jaman dulu nih) ! Kita aja yang duduk-duduk di kantor dapetnya berlipet-lipet. Makanya emak dan bapak saya kalo punya mbak tuh disayang – sayang, disekolahin, di ajak jalan-jalan walopun suka ditolak doi karena doi pasti mabok di mobil, yaahh disayang lah. Bapak saya suka sewot kalo si mbak di omelin sama emak saya yang cleaning freak.

Disini saya boro boro punya mbak. Semua diurus sendiri, tapi saya masih sorangan bae dan tinggal juga di apartemen 90m2, tanpa kebon dan kolam ikan lele. Jujur saya enjoy banget ngerjain semua sendiri, beresin rumah, masak, nyuci, nyetrika, buang tokai kucing-kucing saya, ga bisa bayangin kalo punya mbak, udah kebiasaan apa-apa sendiri…Tapi coba kalo punya anak nanti, pasti sedikit lebih ribet. Untungnya saya tinggal di Belanda jadi kalo saya ngantor nanti anaknya bisa dititipin di day care. Trus, (calon) suami  saya yang demen masak itu tugasnya abis ngantor belanja harian+mingguan. Jemput anak dari day care en abis itu baru deh saya pulang ngantor, trus masakin, boboin, babuin. Kebayang lah gimana nya soalnya temen-temen non Indonesia saya disini juga semua gitu. Para kolega pria saya juag semuanya begitu kalo abis kerja langsung jemput anak dari day care, gantian masak sama istrinya trus nyuapin anak and at last, mandiin anak dan boboin. Nah, kalo yang temen temen Indonesia emang masih manja. Masiiihh aja terbuai dengan mimpi “Duuuh di Indo mah enak, ada si mbak, ada nanny ga usah cape!”  Lupa kalo ini Belanda, bukan Indo…. Tapi yah, ga bisa nyalahin wong lahir dan besar disana dimana tenaga pembantu rumah tangga itu lazim digunakan.

Waktu mudik bbrp waktu lalu saya ke mol yang baru buka di Jakarta. Wuih gede banget, barang-barangnya mahal ngalahin Euro deh, saya cuma iseng mau ngajak J kasi liat betapa mahalnya Jakarta dan konsumtif nya orang Jakarta. Trus trus, ada banyak ibu-ibu muda yang necis dari ujung kaki sampe ujung rambut. Gaya bet deh, tas Hermes (knock off mungkin) dikempit dan wajahnya bening karena rajin di amplas sama obat dari dokter kulit, dan wangi. Ngobrol-ngobrol sama sesama nya sambil ngopi-ngopi trus blanja-blanji keluar toko nenteng tas belanjaan. Eh, di belakang mereka duduklah ikatan nanny yang tugasnya ngelap keringet anaknya ibu-ibu necis tukang gosip itu, nyuapin anaknya, dicakarin sama anaknya, duh melas banget… Mbok ya kalo mo jalan – jalan anaknya ditinggal di rumah kalo ga mau ditinggal mbok ya jangan ajak nanny nya kek… Ga ngerti ah! Itu sih contoh ekstrim ya tapi kadang saya bingung ini ibu kok mentingin tas belanjaan daripada ngegendong anak sendiri. Hiii pasti ibu-ibu itu kalo tinggal disini langsung mau balik ke Indonesia ya? hehehe.

Pengalaman saya ditinggal sama si mbak mudik udah mendarah daging, tugas dibagi-bagi kalo si mbak liburan leha – leha di kampung karena itu satu-satunya most anticipated holiday and well-deserved holiday doski jadi kita ga pernah nanya nanya kapan balik nya, karena selaen kita tau doi pasti balik diem diem emak sama bapak saya seneng kita gotong royong ngerjain pekerjaan RT. Gezellig lah bahasa londo nya.  Intinya, pembagian kerja tuh esensial banget, jadi teratur dan ga kecapean. Imagine, ini biasanya di tackle sama 2 orang mbak lho, masa kita ber-5 (emak saya, bapak saya, saya dan 2 orang adik saya yang selalu undur unduran dalam soal pekerjaan rumah tangga, saya boss nya!bwuahahaha) ga bisa ngelakuin apa yang biasanya dilakuin sama 2 orang? Kebayang sih kalo keluarga muda, pasti ribet karena anak masih kecil kecil mana bisa kerjaan dibagi-bagi? Mana mamih dan papih nya harus kerja. But you are not alone, mom! Ada tuh onggokan daging satu lagi berjenis kelamin pria, yup…your hubby! Kamu bisa bagi kerjaan sama doski. Anak dibikin bareng-bareng pasti bisa ngejaga anak bareng-bareng toh? Susah masak? Suruh suami beli di warteg buat makan. Cucian numpuk? Yang penting anak makan dan sehat dulu deh. Cucian belakangan! Pokoknya sama aja deh, gotong royong..

Jadi mikir nih buat bisnis…Apa saya buka day care spesial buat keluarga yang ditinggal PRT pra dan pasca lebaran ya??? Peminatnya pasti banyak :p *kipas kipas duit*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s