Two Worlds (Indonesian)

Kangen banget dengan kampung halaman…Tapi, sebenarnya apa sih yang dikangenin? Sumpeknya Jakarta? Macetnya yang bikin rambut jabrik dan bikin ambeien? Polusi udaranya yang mengerikan dan gak memungkinkan kita untuk bersepeda tanpa masker?… Setelah dua kali mudik terakhir ini,  pasti ada aja kejadian apes. Mudik pertama, malah kena demam berdarah (dengue fever) dan dirawat dua minggu di RS. Mudik kedua malah kena sejenis typus dan disentri. Gila. Jasmani udah bener bener terkena ke-strerilan Eropah. Ga bisa makan jorok dikit di tepi jalan, di samping comberan yang banyak laler nya dikit aja eh langsung deh kena typus! Duluuu aja, selama berpuluh-puluh taun (halah hyper, dua puluh taun aja) makan di samping kiri comberan, samping kanan WC umum, belakang nya kali Ciliwung tetep aja segar bugar. Malah super langsing dibandingkan dengan saya yang sekarang ini (huaaa!!) Ga pernah seumur umur kena demam berdarah. Suer!

So, jadi yang dikangenin itu apa sih? Teman? Duh. Mereka udah sibuk sama hidupnya masing-masing. Kalau mau buat janji, susahnya minta ampooon. Maklum saya udah kebiasaan buat janji sama orang bule yang saklek nya ampun-ampunan. Bikin janji sama orang Indonesia totok malah biking pusing tujuh keliling trus muter muter Senayan. Pusing gila. Skenario pasti gini (dengan aksen medok Betawi pinggiran, maklum lahir dan besar di Jakarta) :

Saya: Trus nyet gimana nih minggu ini gue ada di Jakarta, minggu depan gue ke Solo..biasa sungkem ma embah putri.

Teman saya yang centil : Ya udeh, gue sih ngikutin jadwal elo nya gimana cun. Abis gue pulang ngantor ye, nyet?

Saya: Oke deh cun..Jam enem ye? Taik ah. Elo jangan lembur dong!

Temen saya yang centil: Yaaah liat liat dulu dong nyong kalo bos gue masih di kantor biasanya ya gue mesti lembur…doi kan gaptek banget noh. Tungguin aje deh nape, jangan banyak bacot dong lu ah! Udeehh, pesen aje kopi dulu. Ribet amat.

Saya (mulai kesel) : $&%% !!! (sumpah serapah dalam bahasa Betawi yang sangat amat tidak sopan) ntar gue nunggu ampe jem brape?! Gilak, garing amat nungguin elo. Lu kira lu bu mentri ape?!

Begitulah..Jadi, saya biasanya mesti berkoar-koar dulu dan mengeluarkan sumpah serapah hina baru deh bisa jelas janjiannya. Itu baru janjian dengan 1 orang. Bukan orang Indonesia namanya kalau janjian cuma 1 orang pas mudik, toh? :p Pasti rombongan ibu-ibu RT dan arisan lainnya minta ikutan…Hmmpffh.

Yang saya kangeni dari Indonesia adalah dengan bahasa nya, kangen dengan udara dan segala kebiasaan yang familiar. Semua terasa lebih gampang di Indonesia..Senyum manis maksa mbak-mbak menor dangdut di outlet Sari Ayu di mall juga tidak akan menyebalkan buat saya (biasanya pas dulu masih domisili di Jkt, sebal banget!).

Kangen dengan semua tawa sumringah penjual makanan di pinggir jalan yang biasa saya jabanin. Biasa nongkrong di Blok S, atau di Permata Hijau berburu bubur ayam pagi pagi dengan ayah saya. Atau, makan pempek di pengkolan Slipi dan abis itu buru buru nyetop M11 buat pulang ke rumah karena perut langsung protes karena kebanyakan makan sambel. Kangen dengan tawa renyah si embah Putri di Solo, walau beliau gak bisa bahasa Indonesia, dan keukeuh semeukeh ngajak ngobrol bahasa Jawa totok yang mengakibatkan miskomunikasi dengan para cucu nya yang lahir di luar Solo. Lucu. Apalagi ngeliat beliau nonton sinetron di TV hasil saweran (patungan) anak-anaknya. Setiap ditanya alur ceritanya, pasti cuma bisa geleng-geleng kepala. Karena beliau cuma nonton gambar nya dan ga peduli dengan cerita nya.

Hal-hal kecil yang bikin kangen dengan Indonesia. Belum lagi harum nasi liwet, bau segar bunga melati di belakang rumah, dan bau sabun Lux batangan warna putih kesukaan saya. Ah…hal-hal kecil seperti ini yang membuat saya ingin terus kembali ke kampung halaman. Sama seperti jika saya terlalu lama di Indonesia…Saya ingin kembali ke Belanda..Kangen dengan harum semerbak tai sapi dan rumput yang baru di potong..Dan wangi kopi Illy yang selalu saya buat setiap hari.

{ pemandangan khas di Belanda yg selalu bikin kangen, sapi dan rumput hijau }

Beginilah kalau tinggal di dua belahan dunia 🙂 Ada enak dan ada tidak enak nya. Nah berhubung minggu ini ada Tong Tong Festival (17-28 Mei 2012) langsung deh ngabur kesana, untuk berburu makanan kecil dan sekedar cuci mata. Tau siiiihhh, mahal! Cuma, dibela-belain lah, wong cuma setaun sekali hehe. Hasil nya tahun ini

{ Kopi susu Torabika, keripik oncom, tempe dan pisang }

Lumayan buat camilan dan akhirnya nemu Torabika kopi susu! Setiap nyambangin toko asia Oriental pasti mereka ga punya stok nya kali ini walau harganya mahal (gile cing 2.50 euro per 10 bungkus!) dibela-belain deh beli…Kadang kita harus mengabaikan kepelitan abadi kita untuk hal-hal penting binti darurat seperti ini. Saaah.

Advertisements

5 thoughts on “Two Worlds (Indonesian)

  1. Bener-bener described perfectly. =)
    Saya juga kangen kampung halaman. Emang yang namanya orang Indonesia, mau pergi berapa jauh, berapa lama, mau sumpah serapah kayak apa ke govt sendiri, rasa kecintaan sama Tanah Air tetap nggak bisa ilang. =)

  2. Hi May, ho oh begitu lah…pasti pas menginjakkan kaki di Soetta langsung deh ada perasaan ” I am home again ” 🙂 ternyata saya cinta indo lebih dr yg saya bayangin hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s