Days at Work

Beberapa kali baca blog temen-temen aku dan selebihnya just blogwalking.. Tentang agenda kerja mereka. Hal pertama yang aku pikir adalah, wuih canggih juga ya bisa ada ritual nya gitu ! Ngiri. Aku sudah bekerja di perusahaan di bid. fashion/apparel/retail ini sekitar 10 bulan lamanya dan rasanya semakin lama semakin meluas aspek kerja nya.. Jadi, setelah baca blog-blog itu mengenai kegiatan mereka per hari nya aku lalu ngeliat diri sendiri..duh, kok gak teratur gini ya? Jd mikir, gimana ya ngakalin supaya sedikit teratur jadwal kerjanya. Atau mungkin karena masih tergolong baru, jadi masih butuh waktu untuk nyortir semuanya?

Jam kerja setiap hari adalah 9 to 6. Dan jam kerja aku per minggu adalah 36 jam (sebulan 2x kerja 4 hari dan 2x kerja 5 hari). Cabut dari rumah jam 8.15 atau jam 8.20. Naik tram ganti dua kali, jaraknya nya sih gak jauh jauh amat dari rumah ke kantor (7.5 kiloan lah), biasanya kalau tram nya on-time paling cuma 30-35 menit aja door to door. Biasanya sih aku sampe kantor telat, 5-10 menit 😛 but, it’s okay pak boss (direktur) gampang banget kalau soal beginian. Karena aku selalu kompensasi waktu so pulang kerja pasti jam 6.15 atau 6.30.

Hal pertama yang aku lakukan setiap pagi adalah, ngecek kalender; hal apa aja yang musti diselesein dan berapa banyak meeting untuk hari itu (dan harus nyiapin apa aja buat meeting tsb). Tips dari J, si pakar time management, jangan langsung cek inbox ketika kamu tiba di kantor. Karena kamu akan dwell dengan emails, dan bukannya merencanakan tugas kamu untuk hari itu secara efektif dan efisien.

So.. sampai kantor, yang pertama kali dilakukan adalah ngecek kalender, tulis TO DO LIST. Lalu ambil kopi (double espresso + 2 bungkus creamer + 1 brown sugar). Mulai dengan point pertama di TO DO LIST . Biasanya kalau hari Senin pasti langsung repot dengan security reports buat para IT managers. Compliance..compliance!

Isi kerjaan aku sebenernya penuh dengan macem macem. Tugas utama adalah bikin compliance report, yang datanya aku filter dari berbagai ERP system,  kirim reminder buat manager dan direktur yang mbalelo ga ngecek reports mereka, update informasi di intranet, draft surat-surat formal buat dikirim ke berbagai country manager di Eropa dan kasih informasi ke mereka mengenai betapa pentingnya compliance reports..Trus, masih harus ngurus semua faktur dan kredit nota yang dateng ke departemen IT (terdiri dari 3 sub-Departemen). Ngebantuin pak Vice President dan pak boss aku buat ngerencanain budget tahunan jadi bener2 harus jeli sampe kadang ngantuk ngantuk (lho?). Selain itu, aku berperan sebagai contract manager buat departemen ini pula. Renewals, terminations, buy off provisions adalah bagian kedua terbesar dari job aku. Dan selain itu kadang masiiihh datang aja proyek-proyek berbau IT dan finance yang najis ikutan nemplok. Paling sebel kalau ada meeting seharian biasanya jadi ga sempet nyentuh kerjaan lain yang udah numpuk di meja.. Alhasil besokannya pasti kocar kacir deh :/ Aku however gak pernah kerja di rumah. Kerja ya di kantor, di rumah waktunya istirahat dan sayang-sayangan sama si lucu Tjakra.

Biasanya jam 12.15 aku turun ke bawah buat lunch. Perusahaan ini punya lounge/concert venue yang kalau siang hari disulap jadi restoran buat pegawai nya. Dengan 4 euro saja kita semua boleh makan sepuasnya disana. Menunya bervariasi setiap hari. Ada menu utama, salad bar yang super lengkap dan semuanya adalah buah buahan dan sayur segar, dan tentunya mereka menyajikan berbagai hidangan penutup…Hmm. Aku jujur aja naik 3 kg semenjak kerja disini. So, setiap lunch I stick to salad dan secuil dari menu hidangan utama..Pffh. Kadang susah juga kalau kebetulan menu utama nya menu Indonesia, kayak rendang, semur atau gado gado. Yep. Di Belanda, beberapa hidangan Indonesia sudah biasa disantap sebagai menu sehari – hari lho!

Dibawah ini adalah foto-foto yang aku ambil dari internet…Karena aku gak pernah foto – foto di dalem resto..Lucu resto nya, sedikit style tahun 50an gitu 🙂 Aku lumayan suka sama tim dekor nya mereka suka gonta ganti tema dekor gitu deh..

Pic is taken from  here

Istirahat makan siang cuma 1 jam. Dari jam 1 an lanjut kerja sampe jam 6.15-6.30, diselingi dengan 2 kali break kopi dan teh tentunya. Gak ada waktu buat check check facebook. Tapi di sela break kopi biasanya selalu baca twitter :p .. Biasanya sehari pasti ada aja meeting, paling enggak 1 (minimal). Intinya, gak ada rutinitas tugas sama sekali. Paling bisa ditebak ya hari Senin itu karena seharian ribet sama weekly security reports

Jam 7.10 biasanya sampe rumah, setelah sebelumnya nyempetin ke supermarket di bawah gedung apartemen untuk membeli bahan untuk dinner. Atau kadang ketemuan temen aja, dinner di kota dengan mereka. Kadang janjian nonton trus makan di resto samping – samping bioskop. Untungnya gak ada macet di sini, so jam pulang selalu kurang lebih sama. Kalau dilihat, agenda kerja aku padat banget dan jarang ada waktu senggangnya. Semua kolega di divisi aku adalah laki-laki. So, mereka kalo kerja lempeng aja gak ada gosip gosip en biasanya aku nimbrung aja dengan jokes cowok. Hahaha. Not really cozy tapi yah, mereka kadang lucu kok.

Aku sih gak masalah dengan jam kerja, so far OK OK aja. Malah nikmatin banget dengan situasi kerja yang positif kayak gini. Cuma kadang aku kangeeenn banget sama girl talk. Kalau udah gitu pasti deh langsung nelpon ex kolega (yang udah jadi sahabat) buat ketemuan sepulang kerja. Kebetulan mereka semua kerja di kantor yang berdekatan dengan kantor aku…Aku bersyukuuur banget bisa mendapatkan pekerjaan di kala resesi begini. So, walaupun temen-temen di Jakarta titelnya sekarang sudah manager lah atau specialist lah, dan aku masih aja staff, buat aku ga masalah. Setiap orang rejeki nya beda – beda 🙂  Disyukuri aja apa yang aku punya sekarang. Lagipula, aku belajar banyak banget dari job aku sekarang ini…bener, gak bisa komplain deh. Niatnya kalau sudah memasuki tahun pertama, job desc bisa lebih diperjelas supaya bisa ngatur prioritas deadline dsb. Saat ini masih amburadul banget..maklum ini newly created role di departemen. Well, pokonya diusahain supaya pro-aktif dan semoga betah di sini 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s